Lihat ke Halaman Asli

Cara Mengaktifkan Rekening yang "Dormant" Atau Sudah Lama Tidak Aktif

Diperbarui: 9 Februari 2022   12:52

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Foto ilustrasi CS BRI | (aset: money.kompas.com)

Tulisan ini berdasarkan pengalaman pribadi penulis, dan saya yakin semua pasti paham cara mengaktifkan rekening yang sudah lama mati. Akan tetapi, tulisan ini hanya untuk berbagi pengalaman penulis saja.

Pada hari Senin, 7 Februari 2022, kebetulan salah satu adik sepupu saya mentransfer sejumlah uang ke rekening BRI lama. Saat itu, kemudian ia menchat saya melalui WhatsApp, "Bang, uangnya sudah saya kirim ya!." 

Sebenarnya saya sudah memberikan rekening BRI yang aktif kepadanya, namun ia mengaku jika menyimpan setiap nomor rekening di catatan smartphone-nya. Jadi, ada ketidak fokusan memilih rekening yang aktif dan yang lama.

Kemudian saya mencoba mengecek rekening saya melalui mobile banking, kemudian saya melihat tidak ada yang bertambah. Lalu, kemudian saya menchat ulang sepupu saya, "kok, belum masuk ya?". Kemudian, ia mengirimkan struk atau resi transaksi.

Saya tidak terpikirkan untuk melihat nomor rekening di resi tersebut, lalu timbul asumsi jika mungkin BRI mungkin mengalami gangguan jaringan.

Setelah menunggu hingga setengah hari, tiba-tiba SMS masuk dari "NOTIF BRI" yang berisikan pesan "Sobat BRI pada tanggal 7/2/22 ada uang masuk sejumlah ini ke rekening 3353******.

Dan, kemudian saya langsung mencek resi yang dikirimkan tadi dan benar saja itu adalah nomor rekening yang sudah lama mati sekitar lima tahunan gitu. Kemudian saya menelpon sepupu saya, "Dek, sepertinya kamu salah kirim, soalnya itu rekening saya yang lama "

Kemudian sepupu saya pun langsung down karena salah kirim, dan itu terbukti dari suaranya yang gagap-gagapan. Karena panik, saya pun mencoba menenangkan sepupu saya, "jangan terlalu panik dek", saya coba telpon CS BRI dulu ya".

Kemudian saya menelpon CS BRI di 14017, setelah terhubung kemudian saya dialihkan ke layanan konsumen. Saat itu saya menceritakan kronologis kejadian tentang sejumlah uang yang masuk ke rekening lama saya.

Kemudian CS pun berkata, "biasanya transaksi di rekening mati transaksinya akan gagal pak", kemudian CS mencoba membantu saya dengan mengecek rekening saya.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline