Lihat ke Halaman Asli

Lambertus Andrew

Lainnya - PENABUR

Pentingnya Metode dan Model Pengajaran Guru terhadap Mengajar-Belajar

Diperbarui: 7 Januari 2023   09:29

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Berdasarkan pasal 40 ayat 2 UU No. 20 Tahun 2003 tertulis bahwa guru mempunyai Kewajiban untuk menciptakan suasana pendidikan yang bermakna, menyenangkan, kreatif, dinamis, dan logis. mempunyai komitmen ecara profesional untuk meningkatkan mutu pendidikan. memberi teladan dan menjaga nama baik lembaga, profesi, dan kedudukan sesuai dengan kepercayaan yang diberikan kepadanya. dari tertulisnya demikian yang sejalan dengan pemikiran Pembina Utama Muda IV/c H. Abdul Hamid,S,Ag M.M.Pd. menyatakan suasana kelas perlu direncanakan dan dibangun sedemikian rupa dengan menggunakan model pembelajaran yang tepat agar siswa dapat memperoleh kesempatan untuk berinteraksi satu sama lain sehingga pada gilirannya dapat diperoleh prestasi belajar yang optimal.

Model pembelajaran dalah seluruh rangkaian penyajian materi ajar yang meliputi segala aspek sebelum sedang dan sesudah pembelajaran yang dilakukan guru. maka seorang guru sudah patutnya mengetahui beberapa faktor yang harus dijadikan dasar pertimbangan dalam penggunaan metode pembelajaran. yaitu sebagai berikut :

  • Berpedoman Pada Tujuan Perbedaan Individual Anak Didik
  • Kemampuan Guru
  • Sifat Bahan Pelajaran
  • Situasi Kelas
  • Kelebihan dan Kelemahan Metode
  • Kelengkapan Fasilitas

Melalui pengalaman saya mengobservasi sepanjang bersekolah di sekolah umum dengan bermacam-macam guru yang menggunakan metode pembelajaran yang berbeda-beda dapat terlihat jelas kelemahan dan kelebihan sebuah metode yang digunakan guru tersebut. tidak semua guru menggunakan metode pengajaran yang sama.

Namun, secara umumnya metode pembelajaran guru terdapat secara konvensional, tanya jawab, demonstrasi, pembelajaran diskusi, dan karyawisata. akan tetapi, dengan menggunakan metode apapun dalam proses belajar mengajar guru harus aktif dalam memantau kegiatan belajar siswa, memberi umpan balik, mengajukan pertanyaan yang menantang, mempertanyakan gagasan siswa. 

Guru harus kreatif dalam mengembangkan kegiatan yang beragam, membuat alat bantu atau media pembelajaran, pembelajaran efektif jika guru dapat mencapai tujuan pembelajaran, agar pembelajaran menyenangkan guru harus bisa mengemas materi agar lebih mudah dipahami siswa, menggunakan metode pembelajaran yang dapat menarik perhatian siswa dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar, menggunakan media pembelajaran yang sesuai dengan materi untuk menarik perhatian siswa dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar. 

Secara praktik tentunya tidak dapat berjalan sepenuhnya berhasil karena dengan segala usaha yang diberikan guru juga harus dapat diterima dari siswa-siswa yang belum tentu semuanya dapat menerima metode dan model pembelajaran guru secara keseluruhan. 

Daftar Pustaka

Hamid, H. Abdul S,Ag M.M.Pd. 2020. Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif Dalam Pembelajaran. Kalimantan Selatan: BDK Banjarmasin Kementrian Agama

Kurniawan. M. Job, AP.,M.Si. 2018. Peran Guru Menghasilkan Pendidikan Yang Berkualitas. Riau: Dinas Pendidikan Provinsi Riau

pengelola LP2M. "5 Jenis Metodologi Pembelajaran yang Sering Digunakan." (https://lp2m.uma.ac.id/2022/03/16/5-jenis-metodologi-pembelajaran-yang-sering-digunakan/. diakses pada 6 januari 2023, pukul 04:09)




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline