Lihat ke Halaman Asli

Sosialisasi Serta Pendampingan UMKM dalam Pelatihan KWU dan Digital Marketing

Diperbarui: 9 Agustus 2022   06:41

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Mahasiswa KKP-desa tanjung luar Universitas  islam negeri mataram Mengadakan  Sosialisasi dan Pendampingan UMKM dalam Pelatihan Kewirausahaan dan Digital Marketing.

Mahasiswa  KKP-desa tanjung luar Universitas islam negeri mataram mengadakan sosialisasi mengenai pelatihan kewirausahaan dan digital marketing yang diadakan di desa tanjung luar serta mendampingin dusun khususnya UMKM yang ada di desa tanjung luar Dalam acara tersebut KKP desa tanjung luar mendampingi pelaku UMKM desa tanjung luar untuk membantu melakukan realisasi yang disampaikan.

Sosialisasi mengajarkan pemasaran melalui digital marketing yang membantu promosi UMKM untuk mengembangkan dan meningkatkan penjualan. 

Selain itu, disini para pelaku UMKM juga diajarkan mulai dari etika dalam berbisnis. Hal tersebut sama seperti Visi dan Misi Mahasiswa KKP Desa tanjung luar yang ingin mengembangkan pemasaran online dan digital branding dalam upaya meningkatkan kewirausahaan.

Seperti yang diketahui dalam desa tanjung luar  jenis UMKM yaitu makanan kembang goyang, dll. Dalam desa tanjung luar juga terdapat pasar  yang menjual berbagai macam kebutuhan pokok. 

Untuk meningkatkan daya beli, sosialisasi ini membantu untuk memasarkan produk dan memberi pelatihan kewirausahaan untuk memberi peluang bagi pelaku UMKM mengembangkan usahanya lebih baik lagi

Sosialisasi ini dihadiri banyak pelakuk UMKM di desa tanjung luar. Antusias warga mengikuti sosialisasi ini sangat di sambut positif dan dianggap dapat membantu ditengah bangkitnya UMKM setelah pandemi covid-19. 

Meskipun pandemi covid-19 belum sepenuhnya berakhir tapi antisipasi untuk terus melangsungkan keberlanjutan usaha harus tetap diwaspadai. Karena pandemi tersebut banyak masyarakat yang beralih ke pembelian online sehingga pelaku UMKM juga harus memperbarui cara penjualan dan promosi mereka.

Digital marketing sendiri sudah sangat banyak digunakan di Indonesia dan mampu menjangkau konsumen dari berbagai penjuru daerah. Dengan diadakannya sosialisasi ini jelas membantu pelaku usaha untuk menjangkau konsumen yang tidak hanya di sekitarnya saja tetapi bisa di seluruh Indonesia. 

Dalam sosialisasi juga diajarkan cara mempromosikan produk dalam digital marketing dan Mahasiswa KKP desa tanjung luar membantu merealisasikan penggunakan digital atau smartphone serta mengajarkan cara penggunakaan yang efektif.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline