Lihat ke Halaman Asli

Lalu Habib

Mahasiswa

Mengenal Tradisi Gendang Beleq

Diperbarui: 5 Juni 2024   09:12

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Seni. Sumber ilustrasi: Unsplash

MENGENAL TRADISI GENDANG BELEQ

Sebagai masyarakat indonesia terutama yang tinggal didaerah lombok (NTB) perlu kita ketahui atau mengenal tradisi gendang beleq sebagai wujud cinta kita kepada adat dan budaya yang telah diwariskan oleh nenek moyang kita berikut pengertian,sejarah,alat-alat,dan cara memakai gendang belek.

A.pengertian gendang beleq

Gendang beleq merupakan salah satu alat musik tradisional dari Pulau Lombok. Alat musik tradisional ini merupakan warisan leluhur Suku Sasak terdahulu yang mendiami Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Gendang beleq biasanya dimainkan oleh belasan personel yang menjadi kelompok penabuh gendang. Alat musik ini kerap dimainkan dalam acara adat, yaitu tradisi pengiring nyongkolan atau rangkaian prosesi perkawinan masyarakat Suku Sasak di Lombok. Selain itu, gendang beleq juga sering dipentaskan dalam acara hajatan lainnya.

Lantas, bagaimana sejarah dari gendang beleq? Simak sejarah hingga cara memainkan gendang beleq berikut ini:

B.Sejarah Gendang Beleq

Nama gendang beleq diambil dari kata gendang dan beleq yang berasal dari bahasa Sasak. Gendang adalah alat musik dan beleq berarti besar. Seperti wujud visualnya, gendang beleq diartikan sebagai gendang yang berukuran besar.

Menurut laman Warisan Budaya Kemdikbud, gendang beleq awalnya digunakan sebagai alat musik pengiring dan penyemangat pagi para prajurit yang akan berperang di masa lalu. Suara yang dihasilkan oleh gendang beleq diyakini mampu membuat prajurit yang akan menuju medan perang lebih percaya diri dan lebih berani ketika bertempur.

Selain itu, gendang beleq juga digunakan untuk menyambut pahlawan yang telah kembali dari medang perang. Adapun, kesenian ini biasanya diiringi suara seruling dan rencek atau gemerincing suara kepingan kuningan.

C.Bagian-bagian dari Gendang Beleq

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline