Lihat ke Halaman Asli

lalu abdi

Mahasiswa

Hubungan Industri Usaha Lombok Diamond Costum Merch

Diperbarui: 25 Januari 2022   05:31

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bisnis. Sumber ilustrasi: PEXELS/Nappy

HUBUNGAN INDUSTRIAL USAHA LOMBOK DIAMOND COSTUM MERCH

Berbicara tentang suatu industri tidak lepas dari kegiatan ekonomi yang selalu berkaitan dengan pabrik atau usaha yang didalamnya menggunakan keterampilan dan membutuhkan tenaga kerja. Seiring perkembangan zaman, dunia usaha kini semakin banyak mengalami persaingan yang begitu sangat ketat. Dalam kemajuan suatu usaha dapat ditentukan melalui beberapa faktor yang diantaranya seperti pemanfaatan sumber daya manusia dengan kualitas dan pengetahuan tentang dan kecanggihan teknologi yang dimilikinya. 

Dunia perusahaan sekarang ini banyak sekali para oknum-oknum perusahan mereka melakukan penjualan serta mempromosikan produk barangnya dengan memanfaatkan berbagai media seperti iklan televisi, sponsorship, instagram, facebook, dan lain-lain. Keunggulan produk adalah suatu unsur terpenting dalam sebuah perusahaan yang dapat mencerminkan sebagai bentuk keberhasilan dari perusahaan itu sendiri. Mulai dari kualitas produk yang dimilikinya, terutama bagi yang bergerak dalam bidang jasa.

Lombok Diamond Costum Merch (LDCM) adalah suatu perusahaan kecil yang didalamnya menyediakan jasa sablon, yang biasanya selalu menjadi incaran para komunitas-komunitas guna membuat baju persatuan. Selain itu juga LDCM ini menyediakan pembuatan sticker, logo, sablon topi, aksesoris, serta penjualan produk-produk lokal dari hasil percetakan sablonnya sendiri yang produk barangnya selalu dipaparkan didalam salah satu distro yang dimilikinya juga. 

Proses penjualannya pun dilakukan dengan beberapa cara mulai dari berjualan online dan juga ofline. Mengingat pentingnya sebuah kualitas dan pelayanan guna mengharapkan kepuasan dari konsumen, maka perusahaan ini dituntut untuk selalu berupaya dalam meningkatkan potensi yang dimilikinya sehingga mampu bersaing dalam dunia bisnis.

Lombok Diamond Costum Merch atau biasa orang sana menyebutnya dengan singkatan LDCM terletak di Desa Darek, Kecamatan Praya Barat Daya, Kabupaten Lombok Tengah. LDCM ini mulai terbentuk dan dibangun pada tahun 2009, oleh salah seorang anak muda yang memiliki tekat dan kepercayaan yang sangat kuat. Berawal dari modal bisa dibilang masih tidak terlalu tinggi, dengan keyakinan dan kepercayaan yang besar berani melakukan suatu pergerakan di dalam dunia perbisnisan. 

Namun karena kepandaiannya dalam mengolah dan memanajemen usahanya hingga sampai sekarang LDCM sudah dikenali cukup banyak orang bahkan dari pengakuan pemiliknya sendiri sudah berhasil mengimpor produk barangnya hingga keluar daerah seperti pulau Jawa.

Proses pengelolaan usaha LDCM itu sendiri tidak lain dengan adanya pekerja, dan dari hasil observasi dan penelitian yang saya lakukan ke lokasi, Lombok Diamond Costum Merch (LDCM) ini memiliki 8 orang pekerja yang dibagi kedalam beberapa division yakni diantaranya adalah 1 orang divisi desain, 2 orang divisi sablon, 2 orang divisi finishing, 1 orang divisi keuangan, 2 orang divisi marketing. 

Menurut keterangan dari pemiliknya bahwa usaha LDCM ini bukanlah suatu perusahaan yang besar dan tidak memiliki keterikatan kerjasama dengan pihak lain. Jadi dari keterangan yang dijelaskan oleh pemilik perusahaan, bahwa LDCM ini hanya dipegang oleh perorangan atau hanya satu orang yang bertanggung jawab.

Berbicara tentang sablon baju, maka tidak lepas pula dari yang namanya seni dan desain. Lombok Diamond Costum Merch sudah memiliki banyak karya dan desain-desain baju termasuk juga dari sebagian yang telah diimpor ke berbagai macam daerah yang ada di NTB dan juga daerah pulau Jawa. Dari pengakuan salah satu pekerjanya dalam satu minggu mereka selalu dipenuhi dengan aktivitas

lembur malam, karena mengejar deadline dan orderan yang selalu berdatangan. Gambar diatas adalah salah satu hasil dari karya dan desain Lombok Diamond Costum Merch itu sendiri, yang dalam sebulan mereka selalu membuat dan mengeluarkan desain terbarunya guna mengingat adanya persaingan dan keunggulan kualitas produk barangnya yang terpenting




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline