Lihat ke Halaman Asli

Menanam Seledri Untuk Menjaga Kesehatan: Inisiatif Kelompok PKL Desa Kluncing Dalam Program AYO TANAM Untuk Pencegahan Hipertensi

Diperbarui: 26 Januari 2024   13:31

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber gambar: Dokumentasi Pribadi

Tekanan darah tinggi, juga dikenal sebagai hipertensi, adalah salah satu penyakit kronis yang paling umum di dunia dan menjadi masalah kesehatan yang semakin populer di masyarakat. Penyakit ini dapat menyebabkan stroke, penyakit jantung, dan gagal ginjal. Banyak orang mencari metode alami untuk mencegah dan mengelola hipertensi, salah satunya adalah mengonsumsi seledri. Kelompok 3 Praktik Kerja Lapangan (PKL) Desa Kluncing Prodi Kesehatan Masyarakat, Fakultas Ilmu Kesehatan, Kedokteran dan Ilmu Alam (FIKKIA) Universitas Airlangga menggelar kegiatan menanam tanaman seledri bersama Masyarakat Kluncing dengan tema Program AYO TANAM yang berisi kegiatan sosialisasi dan praktik menanam seledri secara langsung yang dilakuakn oleh masyarakat. Program tersebut juga merupakan salah satu bagian dari program Gandrung AYU (Gerakan Aksi Nyata dalam Upaya Pencegahan Hipertensi dengan Ayo, Yakin dan Utamakan).

Program AYO TANAM dilakukan untuk memberikan pengetahuan kepada masyarakat yang relevan. agar masyarakat mengetahui dan dapat merawat dan mengolah seledri dengan benar untuk kesehatan. Program ini tidak hanya bertujuan untuk memberikan pengetahuan tentang manfaat kesehatan, tetapi juga untuk mengajarkan masyarakat keterampilan bertani, seperti teknik menanam, perawatan tanaman, dan teknik panen yang baik. Praktik dan sosialisasi dilakukan bergantian dari tiga dusun, secara langsung dan merata dari setiap dusun di Desa Kluncing yakni Dusun Pesucen, Dusun Krajan dan Dusun Bedengan.

Kegiatan AYO TANAM diadakan pada tiga hari yang berbeda-beda dengan lokasi yang berbeda setiap tanggalnya. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memastikan bahwa informasi yang diberikan dapat disampaikan secara menyeluruh dan mendalam kepada tiap masing-masing dusun. Dalam sosialisasi, Melati Octavia Febriana dan Oktario Dinansa Khoir yang merupakan mahasiswa Kesehatan Masyarakat FIKKIA Universitas Airlangga, menyampaikan materi tentang cara menanam seledri dengan benar dan tepat, serta manfaatnya untuk dikonsumsi. Selain itu, materi yang disampaikan juga dipraktikkan secara langsung dengan menanam seledri dalam polybag dan biopori.

Sumber gambar: Dokumentasi Pribadi

Pada kegiatan AYO TANAM terdapat lebih dari 70  orang yang ikut serta dalam kegiatan sosialisasi dan praktik menanam seledri dan berpartisipasi aktif pada saat kegiatan berlangsung. Selama sosialisasi berlangsung disediakan ruang diskusi yang memadai dan nyaman dengan begitu Masyarakat dapat menyampaian pertanyaannya secara leluasa. Beberapa pertanyaan muncul pada saat sesi diskusi dibuka salah satunya Terdapat pertanyaan bagaimana cara merawat tanaman seledri dengan baik dan benar agar tanaman tetap sehat dan dapat dipanen dengan cepat.

Pemateri menjawab pertanyaan tersebut dengan menarik "seledri dapat dilakukan pemanenan dengan cepat apabila proses penanaman dan selama pearawatan tanaman dilakukan dengan tepat ya bu. Sebelum menanam pastikan seledri dalam kondisi sehat dan semai, isi polybag dengan tanah, arang sekam dan kompos dengan perbandingan 1:1:1, buat lubang pada media tanam sedalam 3 cm lakukan proses pemasukan tanaman dengan hati-hati kemudian timbun Kembali dengan media tanam, lakukan penyiraman setiap hari pada pagi dan sore hari hindari menyiram tanamann pada siang hari karena hal tersebut dapat menyebabkan daun seledri menghitam, pada musim penghujan lakukan penyiraman 3x dalam  seminggu. Perlu diperhatikan ya ibu-ibu seledri dapat dipanen dengan cara memotong batang secara periodik dan pemanenan dilakukan 1-2 minggu sekali ya" Ujar Melati selaku pemateri sosialisasi di Dusun Krajan pada tanggal 11 Januari 2024.

Program AYO TANAM lebih dari sekadar kegiatan sosialisasi dengan tujuan utamanya adalah mendorong masyarakat Kluncing untuk menanam seledri sebagai bagian dari upaya pencegahan hipertensi. Dengan mengetahui manfaat seledri untuk mengurangi tekanan darah, diharapkan masyarakat akan lebih aktif dalam menjaga kesehatan kardiovaskular mereka.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline