Lihat ke Halaman Asli

Lala Islamia

Mahasiswi

Perkembangan Sosial dan Kognitif pada Anak

Diperbarui: 18 Oktober 2024   12:01

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

perkembangan kognitif.

Vygotsky percaya bahwa perkembangan kognitif anak sangat dipengaruhi oleh lingkungan sosial dan budaya. Konsep penting dari teorinya adalah:

Zone of Proximal Development (ZPD): Batas antara kemampuan anak saat ini dan potensinya jika dibantu orang lain.

Scaffolding: Dukungan atau bantuan yang diberikan orang dewasa atau teman sebaya hingga anak bisa mandiri.

Bahasa: Alat penting dalam perkembangan pikiran dan pemecahan masalah.Jean Piaget - Teori Perkembangan Kognitif (Cognitive Development Theory)

Tema utama: Anak membangun pengetahuan melalui tahapan perkembangan.

Menurut Piaget, anak-anak aktif berpartisipasi dalam belajar dan perkembangan mereka mengikuti empat tahapan:

1. Sensori-motor (0-2 tahun): Anak belajar melalui indera dan tindakan fisik.

2. Pra-operasional (2-7 tahun): Anak mulai menggunakan simbol (seperti bahasa) tetapi masih egosentris.

3. Operasional konkret (7-11 tahun): Anak mulai berpikir logis tentang hal-hal konkret.

4. Operasional formal (12 tahun ke atas): Anak bisa berpikir abstrak dan membuat hipotesis.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline