Lihat ke Halaman Asli

Lala Amelia

Universitas Negeri Malang

Kolaborasi Laskar Belajar dan Mahasiswa UM di Rusunawa Buring 1 Kota Malang

Diperbarui: 14 November 2023   09:57

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber: Dokumentasi Panitia

            Tema gaya hidup sehat sendiri dipilih setelah mahasiswa UM melaksanakan observasi dan melihat bahwa kesadaran anak-anak yang ada di Rusunawa Buring 1 Kota Malang tentang gaya hidup bersih dan sehat masih sangat rendah. "Saat pertama datang kesini kita melihat anak-anak yang keluar masuk ruangan tanpa alas kaki, main tanah dan langsung diusap ke baju sebelum makan, jadi kami rasa penting untuk mengajak mereka belajar tentang kebersihan," ungkap Anis salah satu mahasiswa UM. Melalui kegiatan ini mahasiswa UM dan Laskar Belajar berupaya memberikan pemahaman terkait gaya hidup sehat pada anak-anak dengan pembelajaran cuci tangan, gosok gigi, mengenali makanan sehat serta makanan berbahaya dan kegiatan senam bersama.

Sumber: Dokumentasi Panitia

            Pada acara ini anak-anak diajak belajar tentang gaya hidup sehat dengan cara yang menyenangkan. Selain diberi pelajaran anak-anak diajak praktek melakukan cuci tangan dan sikat gigi yang baik dan benar. Disamping praktek pembelajaran juga di selingi dengan bermain permainan edukatif yang melatih konsentrasi dan memudahkan pemahaman materi. Hal ini menyesuaikan dengan usia anak-anak di Rusunawa yang berusia 5-12 tahun. "Belajarnya asyik! Banyak praktek dan mainnya. Aku suka pas nyayi bersama." ujar Alif salah satu anak di Rusunawa.

            Melalui kolaborasi kegiatan ini mahasiswa UM dan tim Laskar Belajar berharap anak-anak di Rusunawa Buring 1 Kota Malang  lebih menjaga kebersihan diri dan bersemangat dalam menjalani kehidupan dengan bersih dan sehat.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline