Lihat ke Halaman Asli

Olahraga Jalan Kaki untuk Kesehatan Mental yang Lebih Baik

Diperbarui: 21 Juli 2024   17:31

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao

Salah satu cara untuk menjaga kesehatan mental adalah dengan memulai kebiasaan baru yang positif untuk tubuh, salah satunya adalah dengan rajin berolahraga. Olahraga yang mudah dan menyenangkan dilakukan adalah olahraga jalan kaki. Olahraga ini bisa dilakukan sendirian, berdua dengan pasangan, atau beramai-ramai dengan keluarga atau teman-teman.

Olahraga jalan kaki adalah olahraga yang paling sederhana yang bisa kita lakukan dimana saja. Bisa di sekitar rumah, di Lapangan atau Stadion, di Ruang Terbuka Hijau atau bahkan berjalan kaki di pedestrian di Taman Kota. Olahraga jalan kaki juga bisa dilakukan kapan saja, seperti saat pagi hari sebelum melakukan aktivitas bekerja, atau sore hari sepulang dari kantor, bisa juga dilakukan saat hari libur di hari Minggu.

Olahraga jalan kaki bisa dilakukan sambil mendengarkan musik atau mendengarkan satu series podcast, olahraga jalan kaki sambil mendengarkan audio ini juga membuat tidak terasa, tau-tau sudah sampai di tempat yang jauh dan memiliki banyak langkah. Olahraga jalan kaki juga bisa dilakukan sambil hunting foto, karena kita melewati banyak tempat yang membuat "cuci mata" sehingga bisa mendapatkan banyak foto yang menarik.

Olahraga jalan kaki memiliki manfaat yang baik untuk tubuh, dengan bergerak kadar hormon kortisol (hormon stress) dapat menurun. Olahraga jalan kaki juga dapat meredakan kekhawatiran dan kecemasan serta depresi. Energi menjadi bertambah dan bersemangat melanjutkan kehidupan.

Olahraga jalan kaki ini adalah kebiasaan sederhana yang bisa dimulai dari hari ini. Menyisakan waktu seminggu sekali misalnya saat Sabtu sore atau Minggu pagi. Olahraga jalan kaki ini juga dapat menjadi hoby baru, bisa membuat semangat koleksi outfit olahraga, memiliki antusias untuk berolahraga dan membuat terus berpikir positif.

Olahraga jalan kaki bareng yuk, mau kemana ayok deh!




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline