Lihat ke Halaman Asli

Cake Pisang

Diperbarui: 24 Juni 2015   02:30

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Siang ini begitu membosankan, entah apa yang terjadi kepada saya. Sepertinya saya sedang dalam mood yang jelek. Semoga saja ini tidak berpengaruh kepada pekerjaan saya. Siang ini saya putuskan untuk telpon ibu saya, mendengar suaranya serasa ada aplikasi moodmaker yang terinstall di tubuh saya, mendengar suara ibu saya bercerita, sekedar bercerita tentang apa yang beliau lakukan di rumah. Coba tebak apa yang beliau ceritakan kepada saya… ini dia sepotong dialognyaa

Mama : ada apa anakku, tumben siang-siang gini telpon. Kan waktunya makan siang

Gendhis : gapapa ma, berasa hilang semangat hari ini

Mama : ooo tidak bisa, hidup itu harus sabar + semangat. Tebak mama lagi apa?

Gendhis : palingan nonton tv

Mama : salah, mama abis bikin cake pisang!!!

Ternyata beliau abis bikin cake pisang, dan dialog selanjutnya saya menebak kenapa ibu saya bisa-bisanya bikin cake pisang di siang bolong, itu diluar kebiasaan. Yaaa beginilah hebatnya ibu rumah tangga seperti ibu saya, beliau membuat cake pisang siang itu dengan alasan yang sederhana … melihat pisang yang terlalu matang, selalu berkata “sayang pisangnya kalau dibuang karna terlalu matang, kalau dalam keadaan terlalu matang, anak-anak gamau makan, kalo mama makan sendiri ya eneg juga” dan pada akhirnya, terhidang cake pisang dimeja, sementara yang lain tidak tau bahwa itu adalah pisang yg terlalu matang, dimakan dengan cara dibuat  cake seperti itu terasa lebih lezat dan dijamin langsung ludes tak bersisa haha. Dan yang lebih membuat saya kagum, ibu saya bisa memanfaatkan bahan-bahan sisa yang ada. Jadi kudapan keluarga yg terhidang lebih sering bebas biaya hehehe

Bahkan ibu saya meminta pendapat saya untuk membuka bisnis setara UKM, akhirnya dialog saya menuju ke bisnis UKM, ibu saya yg minta untuk ikut bergabung bersama grup UKM lainnya, karena percaya diri bisa membangun sebuah usaha rumahan, dari dapur sederhananya, bahkan sampai bisnis online yang sedang marak di pasaran.

Pisang si Murah bergizi

Tidak harus mahal untuk mendapatkan additional food yang bergizi, pisang contohnya.. abis membahas masalah cake pisang, saya yang penggemar pisang jadi ingin berbagi informasi seputara kelebihan pisang.

1. Kalium

Kalium merupakan unsur penting untuk mengatur tekanan darah, mengurangi risiko tekanan darah tinggi, serta masalah lain yang terkait.

2. Kalsium

Kalsium sangat penting untuk pembentukan serta pemeliharaan kekuatan tulang dan gigi. Siapa yang enggak mau tulang kuat hingga tua? So, asupan kalsium sangat penting.

3. Karbohidrat

Meskipun sedikit lebih tinggi untuk pasien diabetes, namun ini membuat pisang sebagai sumber energi yang cepat dan mudah dicerna. sebelum atau sesudah olahraga, pisang bener-bener bersahabat untuk tubuh kala itu lho.

4. Vitamin C

.

Vitamin C melindungi tubuh terhadap stres oksidatif maupun malnutrisi.

Sebagai antioksidan yang kuat, vitamin C membantu tubuh mengendalikan radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh. Vitamin c juga bagus untuk kulit, kulit mulus pasti asupan vitamin c nya cukup. Siapa yang tidak mau kulit mulus, dan anti kusam?

5. Vitamin B6

Vitamin B6 merupakan vitamin yang larut air, berperan penting untuk kelancaran fungsi sistem saraf, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, serta melawan infeksi.

.

6. Vitamin Lainnya

Berbagai macam vitamin penting seperti vitamin A, vitamin D, vitamin K, folat, tiamin, riboflavin, niasin, dan lainnya bisa ditemukan dalam pisang.

Vitamin-vitamin ini membantu pembentukan darah serta melakukan aktivitas lain dalam tubuh untuk menjaga tingkat kebugaran tetap tinggi sepanjang waktu.

7. Mineral Lainnya

Beberapa macam mineral lain seperti besi, magnesium, fosfor, seng, tembaga, mangan, selenium, dan fluorida juga bisa ditemukan dalam buah pisang.

Pisang sangat ramah lho, bersahabat untuk semua kalangan (kecuali yg alergi pisang ya) pisang baik untuk orang yg ingin menaikkan maupun menurunkan berat badan.

Untuk menaikkan berat badan, direkomendasikan mengonsumsi 3-5 buah pisang dalam sehari dengan susu atau yogurt.

Sedangkan untuk menurunkan berat badan, konsumsi pisang dalam jumlah sedikit. Percayalah bahwa pisang dan air putih dapat menekan rasa lapar yang berlebihan ketika sedang diet. Tingginya kadar air dalam buah pisang membuat tubuh terhidrasi dengan baik tanpa mengurangi nutrisi penting.  Hal ini yang membuat pisang efektif membantu penurunan berat badan.

Untuk mendapatkan semua nutrisi ini, jangan lupa untuk memilih pisang yang segar. Bukan makanan pisang olahan atau bahkan keripik pisang.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline