Lihat ke Halaman Asli

Syasya_mama

TERVERIFIKASI

Wiraswasta

Jigekkun Pekerjaan Super Langka di Korea

Diperbarui: 24 November 2019   18:52

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

jiggekun, dokpri

Dulu jaman kecil saat sore hari saya suka mendengar suara orang berteriak "Mienyakkkk .............Mienyakkk" Ternyata suara berasal dari pedagang minyak tanah keliling mengunakan gerobak.

Sekarang hampir semua orang memakai gas untuk bahan bakar memasak jadilah minyak tanah sudah gak laku lagi. Dan profesi pedagang minyak nyaris lenyap dari Indonesia. Jadi tak salah jika saya bilang pedagang minyak adalah pekerjaan super langka di Indonesia

Bagaimana dengan di Korea, adakah pekerjaan langka yang masih digeluti oleh warga Korea? Pedagang minyak juga kah? Hehehe bukan ternyata.

Pekerjaan langka dinegri maju seperti Korea adalah Jiggekun yaitu orang angkat barang. Lho di Indonesia juga ada orang yang angkat angkat barang di stasiun, dibandara, diterminal ataupun dipasar. Iya emang bener ada.....  tapi orang yang angkat barangdi Korea  beda jauh dengan di Indonesia.

Lho gimana bedanya? Angkat barangnya mengunakan alat yang bernama jige berupa kayu yang dirancang untuk angkat barang. Bukan seperti pikulan lho ya? Dari jaman dahulu jige sudah ada, ini merupkan warisan tradisi di Korea. 

alat tradisional angkut barang di korea Jige, sumber gbr.naver

Dengan memakai Jige orang mampu mengangkat bobot 100 kg bahkan lebih. Tidak semua orang mampu mengunakan Jige karena menggunakan Jige pun perlu keterampilan dalam keseimbangan. 

Salah jalan sedikit saja barang bisa jatuh. Dan kuat saja tidak cukup. Terbukti jaman dahulu banyak banget orang yang berprofesi sebagai Jigekkun, dipasar, diterminal bahkan di stasiun.

Saat ini Jigekkun yang berada di Korea hanya digeluti oleh orang yang berusia lanjut. Ada yang usianya 68 tahun hingga 75 tahun.Dan dulunya mereka berasal dari desa yang pergi ke kota untuk mengadu nasip. Karena rata rata orang desa hanya punya sedikit keterampilan maka memilih sebagai jigekkun hingga kini.

Di Korea ada dua tempat jika ingin melihat jigekkun satu di pasar dongdaemun dan satu lagi di gunung seorak propinsi Gangwon. Gunung yang sangat terkenal karena saljunya yang tahan lama. 

jigekkun di pasar dongdaemun, sumber gbr.naver

Jika sempat mengunjungi pasar dongdaemun bisa jadi bertemu dengan kakek yang memanggul barang seberat 100 kgan  lebih mengunakan jige. sayapun pernah melihat beliau konon menurut penuturanya pendapatan kakek tersebut terbilang tak sedikit dari lantai 1 naik ke lantai 5 dalam satu hari bisa bolak balik hingga 50 kali lebih. Sekali angkat barang dibayar 3000 won jika 50 kali bisa 15.000 won setara 1.7 juta rupiah.

Wow pekerjaan yang sungguh mengiurkan banget kan ya? sebulan jika dihitung gajinya lebih tinggi dari pegawai kantoran di Korea. Tapi walaupun terbilang gajinya besar dan kelihatan mudah melakukanya asal punya tenaga yang kuat, nyatanya tak banyak orang yang sanggup berprofesi sebagai jigekkun.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline