Lihat ke Halaman Asli

Syasya_mama

TERVERIFIKASI

Wiraswasta

Apalah Artinya Secangkir Kopi Bagi Orang Korea?

Diperbarui: 2 September 2016   19:12

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

sumber gbr.psblog.tistori.com

Sejak kasus kopi  maut Jessica  rasanya penikmat kopi  di Indonesia makin banyak  saja ya?  Apalagi ditambah sekarang ada merek kopi Jessica  (belum nyoba karena takut tar ada si nida nya lagian kopi jessica belum nyampe ke Korea ^_^). Oke deh kalau gitu saya mau tanya "buat kamu secangkir kopi itu apa sih?" teman ngerokok kan? karena saya pernah denger orang suka bilang "ngerokok tanpa minum kopi seperti makan tanpa lauh" wkwk. Atau minum Kopi buat pelepas lelah ya? karena pernah dengar juga ada yang berkata "habis kerja seharian setelah minum kopi badan jadi sweger". Atau minum kopi bisa jadi obat mules? Weee kok bisa gitu ?  Lah iya karena saya pernah dengar seseorang bicara "kalau pagi belum minum kopi rasanya perut ini gak mau diajak kebelakang buat nyetor."  wkwkw. Hayuuuuk ngakuk deh kalau ini pilihan kamu ya?

Buat saya sendiri ngopi kalau mau begadang malam, wahahah uppssstt ^_^ (cukup ketawanya). Seperti yang sering kita dengar dari banyak orang  kopi merupakan minuman yang ampuh mengusir ngantuk, benar enggaknya masing-masing orang punya jawaban sendiri sendiri, karena ada juga orang yang gak mempan mengusir kantuknya dengan kopi. Untuk yang ini mungkin karena nih orang sudah kebal kandungan kafein nya atau emang dasarnya suka molor kali ya wkwk. 

Menurut ilmu kimia yang sempat saya pelajari dibangku kuliah dulu  (abaikan) Di dalam kopi terkandung kafein, yang merupakan senyawa kimia alkaloid yang dikenal sebagai trimetilsantin dengan rumus molekul C8H10N4O2. Jumlah kandungan kafein dalam kopi adalah 1-1,5%, sedangkan pada teh 1-4,8%. (contekan dari wikipedia). Jadilah  kafein sering digunakan sebagai perangsang kerja jantung. Sementara jika dalam dosis yang lumayan rendah kafein dapat bermanfaat sebagai bahan pembangkit stamina dan penghilang rasa sakit. Hal ini di karenakan kafein akan merangsang kerja  otot dalam tubuh  sehingga tubuh tidak lagi merasakan lelah dan mata menjadi gantuk badanpun rasanya enakan, sementara jantung akan berdetak lebih kencang, tekanan darah menjadi naik dan lainnya. Itulah sebabnya berbagai jenis minuman pembangkit stamina tubuh  umumnya akan mengandung kafein sebagai bahan utamanya. 

Namun dibalik manfaatnya ternyata efek dari minum kafein adalah menjadi ketergantungan dan ketagihan.  Benar saja saya coba rutin meminum kopi dan hasilnya  kalau sehari tanpa minum kopi rasanya ada yang kurang. Jadilah saya coba membatasi diri kalau gak pingin-pingin amat ya gak minum. 

Saya pikir dahulu ritual minum kopi di pagi hari adalah kebiasaan orang Indonesia saja karena mulai dari ayahanda tersayang sampai kakak laki-laki saya semua kalau pagi wijab minum kopi. Dan sore hari juga wajib jadilah setiap pagi dan sore hari tugas saya buat bikinin kopi mereka wkwk nasib jadi anak cewek ^_^

Kini setelah bergaul banyak dengan orang Korea dan tinggal di negri ini saya jadi tahu kebiasaan orang Korea habis makan siang atau saat sore hari di Korea orang akan minum kopi sebagai pencuci mulutnya. Pertama kali tinggal di Korea belasan tahun yang lalu saya pikir orang Korea lebih suka minum teh ketimbang minum kopi karena teh di Korea banyak sekali macamnya mulai dari teh gandum, teh ginseng sampai berbagai macam teh buah yang saya sendiri gak tahu buah apa namanya. Ada juga teh bunga-bunga an.

Oke kembali ke masalah minum kopi "apalah artinya secangkir kopi bagi orang Korea?" Buat orang Korea meminum secangkir kopi dapat memberikan energi baru, semangat baru karena dapat mengusir rasa capek/lelah dan rasa kantung.  Hal Ini tak lepas dari etos kerja orang Korea yang tak mengenal lelah, tiada hari tanpa kerja lembur  dan suka banget dengan yang namanya belajar. 

Sebenarnya saya heran sendiri dengan semangat belajar mereka, contoh yang gak jauh-jauh suami sendiri. Pulang kerja kadang sampai malam hari ehhh saat pulang masih menyempatkan diri buat belajar entah apa yang dipelajarinya. Suka ngintip di ruang kerjanya suami masih menyempatkan diri berkutat dengan komputernya kalau ditanya lagi apa sih? jawabnya lagi belajar.  Yeilehhh pap kurang cukup apa belajar waktu mudanya? " Iya mam dulu kenapa saya gak ambil jurusan ini dan itu ya? Malah sibuk kerja. Dulu coba saya belajar program komputer ini pasti saya dah mahir design tas golf pakai program Mex ini, lagian mam saya malu lah dengan anak buah dikantor masa atasanya kalah pintar dengan mereka"  Tercengahhh

Itu baru suami saya yang usianya baru kepala 4, bagaiman  yang masih muda duhhh orang Korea emang orang yang gila bekerja dan gila belajar. Mungkin hal ini dikarenakan letak geografis mereka yang diapit oleh negara-negara maju seperti China, jepang dan Rusia jadilah mereka juga gak mau kalah saing dalam segala hal. Jika bukan karena semangat belajar mereka sudah barang tentu mereka akan dapat tertinggal dari negara-negara tersebut mengingat Korea tak memiliki sumber daya alam yang banyak jadilah hanya dengan sumber daya manusianyalah Korea mampu menjadi negeri maju dengan mengembangkan teknologinya. 

Hal inilah salah satu penyebab gaya dan kebiasaan orang Korea yang semakin menyukai kopi. Bahkan  beberapa tahun terakhir ini saya perhatikan banyak sekali tempat tempat minum kopi bertebaran dimana-mana. 

Sejarah kopi di Korea dimulai sejak jaman Raja Gojong tahun (1863-1907) seperti sebuah catatan  oret-oretan yang pernah saya tulis dan saya lupa catatan tersebut berasal dari mana. Dulu orang Korea menyebut kopi dengan sebutan “gabi” atau “gabae” bahkan sebagian juga menyebutnya “yangtangguk”  yang artinya minuman herbal dari Barat namun rasanya  pahit. Minuman tersebut karena pertama kali di perkenalkan buat kalangan kerajaan jadilah minuman tersebut menjadi minuman favorit dikalangan bangsawan dan kaum intelektual dan para seniman.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline