Lihat ke Halaman Asli

Laisa

Penggagas pencerahan

Pengaruh Kesalehan Orangtua

Diperbarui: 18 Juni 2023   22:44

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

sumber: pexels.com

Orang tua sebagai panutan bagi anak memiliki peranan penting untuk membentuk karakter dan kepribadian anak. Orang tua sebagai contoh yang paling dekat dengan anak. Dalam kesehariannya, tindak tanduk orang tua akan memberi dampak pada perkembangan sang anak. Mulai dari pikirannya, perasaannya serta wujud dari perilakunya.

Ada kata pepatah yang mengatakan bahwa " buah tidak jatuh jauh dari pohonnya". Nah, ini berarti sedikit banyaknya anak akan menyadur karakter dan perilaku dari orang tuanya. Kesalehan dari kedua orang tua bukan tak mungkin menular pada anak-anaknya. Bahkan sangat mungkin, karena anak yang tinggal bareng bersama orang tuanya tentu memperhatikan apa yang dilakukan oleh mereka. 

Kedua orang tua yang saleh merupakan teladan yang baik, yang memiliki dampak besar terhadap jiwa anak. Oleh sebab itu, dengan ketakwaan kedua orang tua kepada Allah disertai dengan ikhtiar di jalan-Nya, akan menumbuhkan ketaatan si anak pada Allah S.W.T.

Apabila anak keturunan tumbuh dalam ketaatan kepada Allah dan menyiarkan agama-Nya, maka mereka semua akan bertemu di surga sebagaimana dalam firman Allah yang artinya: "Dan orang-orang yang beriman, dan yang anak cucu mereka mengikuti mereka dalam keimanan. Kami hubungkan anak cucu mereka dengan mereka, dan Kami tiada mengurangi sedikitpun dari pahala amal mereka. Tiap-tiap manusia terikat dengan apa yang dikerjakannya" (Qs. Ath-Thur:21).

Dari ayat di atas  terkandung makna bahwa orang tua yang saleh dan anak mereka mengikuti mereka maka Allah akan menyatukan mereka di surganya Allah kelak. Mengingat pentingnya berbuat baik dan memiliki keturunan yang baik, kita akan semakin tahu bahwa mendidik anak bukanlah hal yang mudah. Perlu kerja keras dan tekad yang kuat dalam mendidik dan menjadikan anak yang saleh dan saleha.

Usaha kita menjadikan anak yang saleh dan saleha tentunya akan mendapatkan akhir yang bahagia baik di dunia maupun di akhirat. Untuk mendapatkan hal seperti itu, kita wajib memiliki ilmu yang banyak dan cara yang jitu agar membuahkan hasil yang diinginkan.

Agar tetap diingat, bahwa untuk membuat anak yang saleh dimulai dari kesalehan kita sebagai orang tua terlebih dahulu. Jadi tetap dan tambah semangat menjadi orang tua yang saleh ya..




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline