Lihat ke Halaman Asli

Laily Sakinatul Afiddah

Mahasiswa Uin Walisongo Semarang

Penerapan Good Governance di Masyarakat Desa

Diperbarui: 10 Juni 2021   08:20

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Tahukah anda bahwa upaya dalam menerapkan pemerintahan yang baik atau bersih di lingkungan masyarakat dapat dilaksanakan dengan cara yang sederhana. Sebagai Contoh di dalam lingkungan desa yang tiap satu Rt dipimpin oleh pak Rt. 

Dalam upaya menjaga kerukunan setiap malam secara bergilir setiap Rt di desa Petung kecamatan panceng rutin diadakan Doa bersama serta pembacaan surat yasin dan tahlil. 

Kegiatan ini dilaksanakan dari rumah kerumah setiap Rt. Tak hanya sebagai upaya menjaga kerukunan masyarakat dalam bertetangga, hal ini juga dimanfaatkan sebagai wadah untuk menyampaikan informasi-informasi terbaru dari kelurahan. Meskipun zaman sudah maju dan informasi dapat cepat dileroleh dengan adanya internet namun untuk warga yang mayoritas masih gagap teknologi hal itu sangat dibutuhkan. 

Upaya transparansi dan akuntabilitas dari pemerintahan desa pun tetap diupayakan dengan baik. Pemerintahan desa rutin melakukan pertanggungjawaban kepada para tokoh masyarakat setiap 6 bulan sekali, tidak hanya pertanggung jawaban saja kegiatan tersebut juga sebagai penyampaian kritikan maupun masukan dari warga yang akan disampaikan oleh Rt ataupun tokoh masyarakat yang hadir. 

Nantinya para tokoh masyarakat terutama Rt dan Rw akan mengumumkan hasil rapat tersebut kepada setiap warganya melalui kegiatan rutinan dan  juga  para kepala keluarga dikumpulkan. 

Pemerintahan desa juga membuat banner yang ditempatkan di depan balaidesa agar warga luar desa yang melewati bisa mengetahui seberapa progress pemerintah desa tersebut. Nah meskipun di lingkungan desa upaya good governance sangat mudah kan dilaksanakan.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline