Lihat ke Halaman Asli

Mahasiswa PMM UMM Gelar Edukasi Budidaya Sayur dan Ikan di Desa Torongrejo

Diperbarui: 12 Desember 2021   19:59

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Foto: Dokumentasi Pribadi

Progam Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) kelompok 81 gelombang 15 melakukan edukasi mengenai budidaya sayur dan ikan di dalam ember (Budikdamber) di wilayah Desa Torongrejo, Kecamatan Junrejo, Kota Batu. Kegiatan ini dilaksanakan pada sabtu (4/12/2021) yang diikuti oleh anggota Gapoktan Torong Makmur.

Kegiatan ini dilakukan oleh 5 mahasiswa UMM yang terdiri dari Perdana Wahyu Hariyanto, Laily Rahma Andini, lutfi Ikhwantoro, Fitriananda Pratama dan Rif'atul Fikriyah dengan Dosen Pembantu Lapang (DPL) ibu Livia Windiana, SP., M.Agr.

Budikdamber merupakan membudidaya ikan dan sayuran dalam ember yang merupakan sistem aquaponik (polikultur ikan dan sayuran) dengan memanfaatkan limbah budidaya ikan dan sisa pakan digunakan sebagai pupuk bagi tanaman.

kegiatan edukasi budikdamber meliputi informasi bahan serta peralatan yang dibutuhkan, penyeleksian bibit ikan lele dan bibit kangkung terbaik dan cara budidaya ikan lele dan kangkung. Sebelum pembuatan budikdamber, mahasiswa menjelaskan tentang hidroponik sederhana. Hal ini didasari bahwa budikdamber yang merupakan inovasi dari sistem aquaponik termasuk ruang lingkup dari hidroponik, yaitu menanam tanpa media tanah.

koordinator kegiatan, Perdana Wahyu Hariyanto yang merupakan mahasiswa Fakultas Pertanian dan Peternakan Universitas Muhammadiyah Malang, mengharapkan bahwa program Budikdamber ini mampu memenuhi kebutuhan pangan warga di Desa Torongrejo secara mandiri dan secara ekonomis dapat membantu meringankan beban pengeluaran rumah tangga akibat pandemi Covid-19.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline