Lihat ke Halaman Asli

Lailia Ummi Rosyidah

Mahasiswa Sastra Indonesia Universitas Negeri Semarang

Melihat Banyaknya Siswa SD yang Kesulitan Membaca, Mahasiswa UNNES GIAT 9 Desa Ngaluran Mengadakan Kelas Literasi Terdiferensiasi

Diperbarui: 30 Juli 2024   19:00

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumentasi Tim Giat 9 Desa Ngaluran

Demak, 25 Juli 2024 - Mahasiswa Universitas Negeri Semarang (UNNES) yang tergabung dalam Tim Unnes Giat 9 Desa Ngaluran berhasil menciptakan terobosan baru dalam dunia pendidikan inklusif. Mereka menginisiasi kelas literasi terdiferensiasi untuk siswa inklusi kelas 2 dan 3 SD yang menghadapi kesulitan membaca.

Program ini dirancang dengan pendekatan kreatif dan inklusif yang menekankan pada kebutuhan individual setiap siswa. Mahasiswa Unnes Giat 9 Desa Ngaluran menggunakan berbagai alat bantu visual seperti gambar, kartu kata, dan video animasi untuk memudahkan pemahaman siswa. Selain itu, mereka juga mengintegrasikan permainan edukatif yang dirancang khusus untuk membuat proses belajar membaca menjadi menyenangkan.

Dokumentasi Tim Unnes Giat 9 Desa Ngaluran 

Program ini tidak hanya memberikan manfaat bagi siswa, tetapi juga memberikan pengalaman berharga bagi mahasiswa Unnes Giat 9  Desa Ngaluran. Mereka belajar bahwa dengan pendekatan yang tepat, setiap anak dapat mengatasi kesulitan membaca dan mencapai potensi penuh mereka. "Melihat siswa bersemangat dan bahagia saat mereka berhasil membaca adalah motivasi terbesar bagi kami," ungkap Putri.

Program Tim Unnes Giat 9  Desa Ngaluran ini diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi sekolah-sekolah lain untuk menerapkan pendidikan inklusif yang lebih baik. Dengan pendekatan yang inovatif dan kolaborasi yang kuat, setiap anak dapat merasakan manfaat dari pendidikan yang adil dan merata.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline