Lihat ke Halaman Asli

Millatul Laili T

ArdhanaReswari

Melimpahnya Sumber Daya Alam di Desa Ternyang, Tim KKN UM Hadirkan Peta Potensi Desa

Diperbarui: 22 Juli 2021   22:08

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Penyerahan Peta Potensi Desa/dokpri

Potensi desa merupakan salah satu pendorong perekonomian desa, sehingga potensi desa lebih diutamakan dalam optimalisasi pemanfaatan sumberdaya, baik sumberdaya alam maupun sumberdaya manusianya.

Desa Ternyang merupakan salah satu desa yang berada di Kecamatan Sumberpucung, Kabupaten Malang. Melimpahnya sumber daya alam dan sumberdaya manusia yang ada di Desa Tenyang menghasilkan potensi sumberdaya  yang tersebar di berbagai tempat di desa tersebut. 

Sumber daya tersebut dianggap sebagai modal dasar yang kemudian akan dikelola serta dikembangkan demi kepentingan, perkembangan, dan kelangsungan desa. Maka dari itu pengembangan potensi desa hasuslah berkelanjutan. Oleh karena itu, mahasiswa KKN Universtas Negeri Malang yang diugaskan di Desa Ternyang  berinisiatif mengembangkan peta potensi Desa Ternyang.

Proses pembuatan peta diawali dengan melakukan koordinasi dengan pihak desa, kemudian melakukan observasi lapangan untuk melengkapi data-data dalam proses pembuatan peta. Pembuatan peta dilakukan dengan menggunakan software ArcGis 10.5. Dalam pembuatan peta tersebut terdapat kendala, yaitu software yang digunakan sering mengalami gangguan. Peta yang sudah dibuat akan dicetak dan dipajang di kantor balai Desa Ternyang.

Peta Potensi Desa Ternyang/ist

Berdasarkan peta tersebut, dapat diamati bahwa Desa Ternyang memiliki potensi sumberdaya alam dan sumberdaya manusia berupa perkebunan, pertanian, sawah dan industri bahan bangunan. Dengan dibuatnya peta tersebut diharapkan dapat membantu pihak pemerintah desa dan masyarakat dalam mengidentifikasi sumberdaya alam dan sumberdaya manusia di Desa Ternyang sehingga dapat menentukan strategi pengembangan potensi tersebut. Selain itu, juga dapat mempermudah pihak desa dalam mendapatkan informasi yang dibutuhkan.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline