Lihat ke Halaman Asli

Pengembangan Sumber Daya Manusia sebagai Upaya Peningkatan Ekonomi Kreatif di Desa Ketapanglo

Diperbarui: 1 Maret 2023   20:14

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Ekonomi kreatif merupakan salah satu upaya dalam mengatasi masalah pendapatan masyarakat yang masih dibawah rata-rata, apalagi di daerah tepi kota yang masih memiliki keterbatasan dalam hal ekonomi yang disebabkan oleh berbagai faktor, seperti target pasar yang masih minim, jadi dalam kesempatan KKN (kuliah kerja nyata) kami mencoba untuk menyalurkan ilmu yang kami dapatkan dalam perkuliahan untuk membantu meningkatkan pendapatan UMKM kecil di desa Ketapang Lor dengan meningkatkan penjualan dari produk dan jasa warga desa yang dimana pendapatan warga desa Ketapang Lor masih dibawah angka rata-rata.

Selain itu kami juga memberikan ilmu baru berupa pengembangan produk bunga telang menjadi minuman dan juga produk kering yang memiliki berbagai khasiat untuk kesehatan tubuh maupun kesehatan mental. dengan mempertimbangkan peluang bunga telang yang tumbuh liar di lingkungan persawahan warga agar bisa termanfaatkan dan bisa menjadi peluang bisnis baru oleh warga desa Ketapang Lor.

Kata Kunci : Ekonomi Kreatif,Marketing, Produk Bunga Telang.

Ekonomi kreatif yang berkembang pesat dan dapat menghasilkan produk-produk yang dibutuhkan pasar akan memicu pertumbuhan ekonomi secara pesat pula dapat dikatakan sebagai industri kreatif. Industri kreatif yang berkembang melibatkan banyak komponen sehingga menghasilkan produk yang beragam dan memperluas pasar merupakan pertanda industri sudah berjalan. Industrialisasi adalah segala kegiatan ekonomi produktif melibatkan banyak produsen yang dapat melipatgandakan berbagai produk industri.

Ekonomi kreatif merupakan sebuah konsep ekonomi di era-ekonomi baru yang mengedepankan informasi, serta kreativitas dengan mengandalkan ide dan berbagai ilmu pengetahuan dari Sumber Daya Manusia (SDM) sebagai Faktor Produksi utama dalam Perekonomiannya. Kemampuan untuk mewujudkan kreativitas yang diramu dengan nilai seni, teknologi, pengetahuan dan budaya menjadi modal dasar untuk menghadapi persaingan ekonomi, sehingga munculah Ekonomi Kreatif sebagai Alternantif Pembangunan Ekonomi guna meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat.

Ekonomi kreatif adalah pemanfaatan cadangan sumber daya yang bukan hanya terbarukan, bahkan tak terbatas, yaitu ide, gagasan, bakat atau talenta dan kreativitas. Nilai ekonomi dari suatu produk atau jasa di era kreatif tidak lagi ditentukan oleh bahan baku atau sistem produksi seperti pada era industri, tetapi lebih kepada pemanfaatan kreativitas dan penciptaan inovasi melalui perkembangan teknologi yang semakin maju.

Jadi pada kesempatan KKN (Kuliah Kerja Nyata) ini  kami mengenalkan cara membranding dan memasarkan sebuah produk dengan keadaan masyarakat di desa Ketapang Lor yang mayoritas berpencaharian di bidang perikanan dan pertanian. Usaha Mikro Kecil Menengah adalah istilah umum dalam dunia ekonomi yang merujuk kepada usaha ekonomi produktif yang dimiliki perorangan maupun badan usaha sesuai dengan kriteria yang ditetapkan oleh Undang-Undang No.20 tahun 2008.

UMKM didesa Ketapanglor masih membutuhkan dukungan lebih sebagai upaya peningkatan kualitas hidup melalui pendapatan yang dapat diandalkan oleh masyarakat di desa Ketapanglor. Mengingat lokasi desa Ketapanglor yang bisa dibilang kurang menguntungkan untuk para pelaku UMKM dengan jangkauan antara desa Ketapanglor dengan desa yang lain memiliki akses dengan jarak yang cukup jauh sehingga membuat pelanggan enggan untuk membeli dengan kendala tersebut. Jadi dalam hal ini kami berupaya untuk mengenalkan cara membranding sebuah produk dan pemasarannya dengan baik. Selain itu kami juga mengajarkan kepada ibu-ibu PKK mengenai pengembangan produk bunga telang menjadi minuman dan produk kering yang memiliki banyak khasiat bagi Kesehatan tubuh.

Untuk menjadikan program KKN berjalan dengan lancar dan sukses kami telah membagi program disetiap minggunya agar program kerja lebih tertata dan bisa maksimal. Dalam setiap minggu-nya kami memiliki fokus program kerja :

1. Pada minggu pertama kami melakukan riset kepada berbagai potensi ekonomi yang ada di desa Ketapang Lor agar program kerja   kita bisa tepat sasaran dan kami bisa memaksimalkan kinerja tim.

2. Pada minggu kedua kami berfokus pada pengembangan UMKM dan sosialisasi kepada warga desa seperti : 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline