Lihat ke Halaman Asli

pondok para hafidzoh

Diperbarui: 26 Juni 2015   12:00

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gadget. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

Komplek hindun yang berada di Pondok Pesantern Krapyak ini adalah komplek para santri yang ingin menghafalkan Al-Qur’an. Di komplek ini memang khusus untuk santri putri. Pengasuh santri tahfidz ini adalah Ibu Nyai Duroh Nafisah, beliau begitu telaten dan sabar mengajari santrinya untuk menghafalkan Al-Qur’an yang jumlahnya ada 30 juz. Tapi jangan salah, mereka adalah orang-orang yang hebat. Mereka mampu menghafalkan Al-Qur’an yang ayatnya berjumlah 6666. Memang sangatlah berat untuk menghafalkannya, belum lagi cobaan-cobaan yang nenghadang. Tapi peminatnya tak pernah surut, setiap tahunnya santri datang silih berganti.
Di sini santri-santri putri dilatih seharinya menyetorkan hafalannya satu halaman. Mereka tidak keberatan untuk menghafalkan di sela-sela waktu luangnya dan menyetorkannya setiap pagi. Tidak hanya itu, mereka bangun sebelum shubuh untuk tartilan bersama di mushola komplek Hindun.
Di komplek ini pengguninya ada yang hanya menghafalkan Al-Qur’an saja (tahashus). Ada pula mahasiswi, mereka kuliah di berbagai universitas di Jogja, seperti UIN Sunan Kalijaga, UMY, UII, UGM, UNY, dan perguruan tinggi lainnya. Tidak ketinngalan pula ada pula santri yang masih sekolah, yang sekolah di MTs dan MA Ali Maksum.
Di sini tidak hanya dilatih menghafal Al-Qur’an tapi juga mengaji kitab-kitab kuning. Ini diajarkan setiap pagi di hari libur. Biasanya diajarkan oleh kyai-kyai di krapyak. Jadi santri-santri di sini juga mengenal apa itu kitab walaupun pondok Al-Qur’an.
Jadi komplek ini sangat cocok bagi orang yang ingin menjadi santri yang menghafalkan Al-Qur’an. Suatu tempat yang menuntun seseorang untuk menjadi hafidzoh.Hafidzoh adalah seseorang yang takkan busuk mayatnya sampai hari kiamat dan bisa memberi syafa’at kepada sepuluh orang.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline