Lihat ke Halaman Asli

Taklukan Ilmu Pengetahuan dengan Ilmu Pengetahuan Islam

Diperbarui: 10 September 2016   22:40

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ekonomi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Caruizp

Ilmu ekonomi islam merupakan kajian tentang perilaku ekonomi orang islam dalam masyarakat muslim modern. Kajian dalam berperilaku,tindakan,etika yang benar dalam berperilaku ekonomi diajarkan didalam ekonomi islam. islam mengajarkan kita bagaimana menjalani kehidupan didunia ini. Bagaimana aturan-aturan atau cara dalam islam untuk hidup, bagaimana cara kita meraih tujuan hidup. Serta islam juga mengajarkan kita tentang aturan-aturan dalam berperilaku,etika dalam berpenampilan serta etika dalam berbicara. Sebelum kita membahas tentang ilmu penetahuan yang ada didalam islam terlebih dahulu kita membahas tentang kehidupan.                                                                                                                             

Kemarin saya cukup bertanya-tanya tentang apa yang diajarkan hukum islam namun tidak diajarkan dalam kehidupan sosial. Dan salah satu teman saya memberikan jawaban yakni KEYAKINAN. Ya hukum islam mengajarkan kita tentang keyakinan yang diajarkan disetiap agama dan kehidupan sosial hanya mencakup masalah yang berhubungan dengan sesama manusia tidak dengan tuhan. Dari sini kita tahu bahwa keyakinan dalam beragama melebihi tingkat keyakinan terhadap apapun.                                                                                                             

 Sekarang saya ingin bertanya pernahkah kalian mendengar kata bahwa mencari ilmu itu sulit?

Disini saya menggambarkan seekor serangga kecil yang mampu mengangkat beban berat yang bahkan lebih berat dari berat tubuhnya, dia punya rasa keyakinan yang tinggi bahwa dia mampu untuk mengangkat beban tersebut sehingga beban tersebut menjadi ringan begitu pula dengan kita apabila kita percaya dan yakin bahwa ilmu itu penting kita akan dengan mudah mendapatkanya. 

Begitupun sebaliknya apabila kita tidak percaya dengan kemampuan kita sendiri maka hasilpun tidak akan kita dapatkan. Karena jika Allah telah menghendaki tidak ada beban yang berat melainkan menjadi ringan jika kita yakin dapat mengatasinya.                     

Sehingga ilmu tersebut akan dengan mudah kita dapat jika kita memiliki keyakinan yang kuat bahwa kita sanggup menggapai ilmu tersebut.karena ilmu sebenarnya dapat kita dapatkan dengan mudah dimanapun dan kapanpun tergantung kita apakah kita dapat memanfaatkan ilmu tersebut atau tidak. Karena jika ilmu tersebut bermanfaat maka kebahagiaan hiduplah yang akan kita dapatkan.   

Disinilah pokok pentingnya yang mana Pedoman yang dianut oleh umat islam yang paling benar dan yang paling lengkap serta paling sempurna tentang ilmu hanya akan kita dapatkan jika kita membaca Al-Quran beserta artinya. Karena didalamnya akan mencakup semua hal tentang kehidupan baik didunia maupun diakhirat. Dan kita juga diajarkan tentang memanfaatkan ilmu sebaik mungkin. Seperti yang saya katakana tadi ilmu bermanfaat : kebahagiaan hidup




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline