Lihat ke Halaman Asli

Lailatul Badriyah

Lailatul Badriyah

Strategi Pengelolaan Kelas Inklusi dan Lingkungan Belajar yang Ramah

Diperbarui: 24 Juni 2021   21:33

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Pengelolaan Kelas Inklusi Dan Lingkungan Belajar Yang Ramah

 Pendidikan inklusi sebagai wadah untuk anak-anak yang berkebutuhan khusus agar mereka memperoleh pendidikan yang sama, walaupun dibutuhkan pendampingan khusus dalam pelaksanaannya. Ilahi (2016) mengemukakan bahwa pendidikan inklusif adalah suatu sistem dalam menyelenggarakan pendidikan dengan memberikan kesempatan bagi semua peserta didik yang berkebutuhan khusus dan bakat istimewa agar bisa mengikuti pendidikan secara bersama dengan peserta didik umumnya.

 Kelas inklusi diperlukan untuk membangun hubungan baik bagi peserta didik reguler dengan ABK. Pentingnya guru menciptakan lingungan belajar yang ramah untuk ABK agar dapat mengikuti pembelajaran dengan aktif tanpa adanya tindak diskriminatif. Oleh karena itu, strategi pengelolaan kelas yang menyenangkan perlu diterapkan. Fila (2012) mengatakan bahwa, pengelolaan kelas adalah serangkaian kegiatan berupa perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi oleh guru untuk menjaga suasa di dalam kelas agar tetap kondusif sehingga dapat mencapai tujuan pembelajaran.

 Pengelolaan kelas bertujuan untuk menyediakan, menciptakan dan memelihara kelas yang optimal sehingga peserta didik dapat belajar dengan baik. Guru juga bisa mengembangkan alat bantu belajar pada proses pembelajaran untuk membantu peserta didik mencapai hasil belajar yang optimal. Pada proses pembelajaran guru dapat menerapkan strategi pengelolaan kelas dengan memberi kegiatan kepada peserta didik khususnya ABK dapat mengembangkan tingkah laku yang diinginkan dan meniadakan tingkah laku yang tidak di inginkan. Selanjutnya guru juga dapat mengembangkan hubungan interpersonal, iklim dan sosioemosional yang positif serta dapat mengembangkan organisasi kelas yang produktif, tentunya menyenangkan.

Proses Pembelajaran Dikelas Inklusi

 Kegiatan pembelajaran pada kelas inklusi tentunya tidak jauh berbeda dengan kelas pada umumnya, hanya saja kurikulum yang digunakan adalah kurikulum yang fleksibel. Proses pengelolaan pembelajaran, antara lain:

1. Kegiatan awal pembelajaran, kegiatan ini guru mengkondisikan kelas inklusi sebelum melakukan interaksi kecil dengan peserta didik mengenai hal yang akan dipelajari

2. Proses pembelajaran, menggunakan metode dan pendekatan yang menarik bagi peserta didik. strategi yang khusus untuk ABK yaitu strategi individualisasi dalam pembelajaran. Materi yang dipelajari cenderung sama antara anak reguler dan ABK. Untuk sumber belajar guru tidak hanya terpaku pada materi buku tapi bisa juga dari apa yang ditemukan anak disekitarnya.

Upaya-upaya yang dilakukan guru dalam proses pengelolaan kelas saat pelaksanaan belajar mengajar:

Guru bisa mencoba untuk menanamkan nilai moral dan konsep kepada peserta didik agar memiliki sikap positif dan membangun keakraban. Selain itu memberikan ruang seluas-luasnya kepada anak untuk berkreasi

Memberikan fasilitas bagi semua anak dalam belajar, bersikap sabar, teguh dan tegas

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline