Lihat ke Halaman Asli

Lailatul Saadah

Haloo.. Panggil saja Lai

Mahasiswa Undip Lakukan Sosialisasi Bahaya Covid-19 dan Bahaya Narkoba!

Diperbarui: 14 Februari 2022   19:25

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Penempelan poster. (Sumber:Lailatul Saadah)

Banding (Kamis, 03/02/2022)-- KKN TIM 1 Undip Tahun 2021/2022 dilaksanakan pada tanggal 5 Januari- 15 Febuari 2022 yang dilakukan di Kelurahan Banding, Kecamatan Bringin, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah.

Pelaksanaan KKN TIM 1 Undip tahun 2021/2022 ini mengangkat tema "Pemberdayaan Masyarakan Menuju Pasca Pandemi Covid-19 Berbasis Suitable Development Goals (SDG's)". 

 Adapun KKN ini masih dilaksanakan dalam keadaaan Pandemi Covid-19, sehingga KKN dilaksanakan secara mandiri di tempat domisili mahasiswa masing-masing. Dalam pelaksanaan KKN ini terdapat 4 program diantaranya 2 program  berkaitan dengan  SDG's , 1 tentang sosialisasi Covid-19 dan 1 sosialisasi bahaya Narkoba.

Adanya Pandemi Covid-19 berdampak di bidang pendidikan, ekonomi dan berbagai sektor lainnya. Sehingga guna untuk memberantas rantai penyebaran Covid-19 diberlakukan 5 M, (Memakai Masker,  Mencuci Tangan, Menjauhi Keruman, Kurangi Mobilitas Masyarakat, Menjaga Jarak Aman).

Kenaikan angka Covid-19 melonjak tinggi. Oleh karena itu, kegiatan sosialisasi Bahaya Covid-19 dan Bahaya Narkoba dilakukan secara tidak langsung melalui penempelan poster ditempat strategis seperti; Masjid, Warung, Sekolah, TPA, persimpangan jalan, dsb. 

Seperti yang diketahui bahwa virus Covid berbahaya bagi tubuh dan menyerang imun yang ditandai dengan  indra penciuman yang tidak bisa mencium bau, sesak napas, demam tinggi melebihi batas normal suhu tubuh. 

Sehingga setiap masyarakat dari elemen terkecil sampai pemerintah diharuskan menjaga kesehatan dan menaati protokol kesehatan, agar kehidupan berjalan kembali normal.

Program selanjutnya yaitu sosialisasi bqahaya Narkoba yang dilakukan dengan penempelan poster di tempat umum dan strategis seperti; Masjid, Warung, Sekolah, TPA, persimpangan jalan dsb. Selain itu, sosialisasi ini dilakukan secara daring melalui Grup WA, berupa pembagian poster, dan materi dalam pentuk Power Point (PPT) yang ditujukan kepada Karang Taruna Dusun Gendor. 

Kegiatan ini menarik antusias dari para remaja Karang Taruna Dusun Gendor walaupun dilakukan secara daring. Hal tersebut dikarenakan adanya pembatasan kegiatan masyarakat sehingga untuk mengurangi pertemuan guna memberantas rantai penyebaran virus Corona.

Seperti yang diketahui bahwa akhir-akhir ini muncul berita aktor/aktris muda yang terkena kasus pemakain Narkoba. Perlu diketahui bahwa Narkoba berbahaya bagi tubuh dan kesehatan, dapat mempengaruhi fisik dan psikologis, membuat halusinasi dan melakukan kejahatan serta dapat menimbulkan sakau (ketergantungan yang jika tidak memakai akan menimbulkan rasa sakit pada fisik dan psikologis) yang dapat menyebabkan kematian.

Diharapkan dengan adanya sosialasi ini dapat menyelamatkan generasi muda dan masyarakat dari bahaya virus Corona dan bahaya penggunaan Narkoba, karena masa depan bangsa ada ditangan generasi muda.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline