Lihat ke Halaman Asli

Tips Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Orang Dewasa

Diperbarui: 16 Juni 2023   06:47

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Orang dewasa merupakan orang yang sudah mempunyai banyak pengetahuan, pengalaman, dan kemampuan dalam mengatasi semua masalah hidupnya secara mandiri.  Dalam sudut pandang pendidikan orang dewasa lebih mengarahkan dirinya untuk mencapai aktualisasi diri dan memperkuat jati dirinya. 

Pembelajaran yang diikuti oleh orang dewasa akan memberikan dampak positif untuk dapat melakukan perubahan yang lebih baik lagi bagi orang dewasa. Pembelajaran pada orang dewasa memiliki orientasi yang berpusat terhadap kehidupan, dimana orang dewasa belajar tidak hanya untuk memperoleh nilai yang bagus saja tetapi juga untuk dapat meningkatkan kehidupannya. Dalam Pembelajaran orang dewasa seringkali muncul masalah dalam proses pembelajarannya. Adapun permasalahan yang sering muncul dalam proses pembelajaran orang dewasa menurut (Yusnadi, 2004) adalah sebagai berikut :

  • Mendapatkan hal baru yang sulit dipahaminya
  • Muncul ketidaksesuaian sehingga menimbulkan rasa bosan
  • Teori yang dipelajari bersifat mutlak sehingga sulit untuk dipraktikan dalam kehidupan sehari-hari
  • Mengalami kesulitan dalam memahami materi karena mempelajari materi secara mandiri
  • Materi yang diajarkan terkadang tidak spesifik sehingga sulit untuk dipahami
  • Orang dewasa sulit menerima perubahan

Dari permasalahan-permasalahan diatas, diperlukan tips untuk meningkatkan keefektivan pembelajaran pada orang dewasa. Adapun tips yang bisa dilakukan oleh pendidik agar pembelajaran orang dewasa dapat lebih efektif lagi menurut (Sujarwo, 2012) adalah sebagai berikut :

  • Peserta didik merupakan sumber belajar, Teknik pembelajaran yang digunakan harus diorientasikan terhadap cara untuk melakukan penyerapan terhadap pengalaman yang dimiliki oleh peserta didik melalui diskusi kelompok, bermain peran, demonstrasi, curah pendapat, simulasi, dan focus group discussion.
  • Pengetahuan baru, konsep baru, dan pengalaman baru yang diberikan oleh pendidik dapat dijelaskan melalui pengalaman yang pernah dialami oleh peserta didik. Sehingga dengan demikian hasil pembelajaran tersebut dapat diterapkan oleh peserta didik dalam kehidupan sehari-harinya.
  • Materi pembelajaran yang akan diberikan kepada peserta didik hendaknya dirancang sesuai dengan pengalaman dan kondisi peserta didik.

Pembalajaran orang dewasa dapat berjalan dengan efektif apabila ketika proses pembelajaran guru atau pembimbing tidak terlalu mendominasi dan terlalu banyak bicara, namun tetap membimbing dan mengarahkan peserta didik sesuai dengan kondisinya agar dapat mengembangkan kemampuannya.

Referensi :

Sujarwo, D., & Pd, M. (2012). Strategi Pembelajaran Orang Dewasa (Pendekatan Andragogi). Jurusan Pendidikan Luar Sekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta.

Wahono, W., Imsiyah, N., & Setiawan, A. (2020). Andragogi: Paradigma Pembelajaran Orang Dewasa pada Era Literasi Digital. Proceeding Umsurabaya.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline