Lihat ke Halaman Asli

lailasadiyatulmaghfirooh

MAHASISWI UIN MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG

Memanfaatkan Otak yang Belum Benar

Diperbarui: 21 Maret 2022   21:37

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Halo sobat - sobat gimana nih kabarnya ? semoga baik - baik saja ya dan tetap semangat menjalani hidup yang penuh dengan kebahagiaan ya sahabat.

Diatas saya menuliskan judul bahwa orang memanfaatkan otaknya belum benar  karena kebanyakan orang menggunakan bagian otak hanya salah satu saja, sebetulnya otak kita memiliki dua bagian lo yaitu bagian kanan dan kiri ingin tau ya ? mari kita telusuri bersama - sama yuk agar kita tidak terjadi kesalahan lagi dalam memanfaatkan bagian otak yang benar.

Sebelum kita mengetahui tentang fungsi dari salah satu otak kiri atau pun otak kanan mari kita menelusuri tentang perbedaan antara fungsi otak kanan dan otak kiri. otak adalah bagaian organ tubuh yang sangat vital dan kompleks untuk mengotrol sistem tubuh kita, yang dimulai dari kita berfikir, ingatan, perkataan, perasaan, penglihatan, pendengaran, gerakan setiap tubuh,samapi fungsi organ yang lainnya.

apabila kalian meneliti tentang otak atau hemisfer ini lebih dalam lagi maka kalian akan tahu bahwa otak atau hemisfer ini memiliki dua bagian yaitu hemisfer kanan dan hemisfer kiri, lalu hemisfer bagian kanan ini mengendalikan tubuh anda bagian kiri sedangkan hemisfer bagian kiri mengendalikan  tubuh bagian kanan. 

Hemisfer kiri

pada bagian hemisfer kiri memiliki fungsi yang bertujuan untuk mengatur dalam berbahasa, penalaran, dan kemempuan dalam berkomunikasi. Pada bagaian ini berperan dalam hal - hal logis, yang nyata, mempelajari berbagai angka, sampai hal menganalisis. Jadi bahwa orang yang hanya menggunakan otak bagian kiri saja disebut dengan orang yang cenderung kuantitif dan analitis, dan orang yang yang menggunakan otak bagian kiri  orangnya cenderung memperhatikan dengan terlalu detail dan berfikirnya menggunakan logika. 

Lalu apabila pada otak bagian kiri mengalami cedera maka kemampuan dalam berbicara dan bergerak pada sisi kanan tubuh akan mengalami gangguan. Hal itu bisa kita lihat pada orang yang mengalami kerusakan pada otaknya yang bagian kiri, kita dapat melihat orang yang terkena ganguan pada otak kiri yaitu pada orang yang terkena setruk.

Hemisfer kanan

 Pada bagian hemisfer kanan ini ia bekerja sebagai mengatur imajinasi, seni, kreativitas, mengontrol kita ketika emosi, mengenali wajah, dan mempelajari musik. Dan pada bagian otak kanan ini cenderung berfikir secara bebas dan kreati. Apabila orang mengalami cedera otak bagian kanan maka pergerakan badan dan pendengaran maupun penglihatan kan terganggu.

Fungsi otak kanan dan kiri akan saling berhubungan atau bekerja dengan selaras itu merupakan hal yang terjadi pada saat ini hal yang telah kalian alami saat ini. 

Namun apabila kedua bagian otak tidak bekerja sama maka akan terjadi gangguan pada otak dalam meminmemindahkan informasi pada bagian otak yang akan berpengaruh pada kehidupan sehari - hari. oleh sebab itu tidak tepat apabila menggunakan otak bagian kanan dan kiri secara terpisah kurang maksimal atau kurang baik karena kedua bagian otak tersebut harus bekerja sama agar mencapai bekerjanya otak secara normal atau sempurna.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline