Lihat ke Halaman Asli

lailasadiyatulmaghfirooh

MAHASISWI UIN MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG

Mari Belajar Bersama untuk Mencari Tahu tentang Anatomi Otak Manusia

Diperbarui: 14 Maret 2022   21:06

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Hay apa kabar kalian pasti sehat -sehat  dan pada semangat dalam mencapai cita - cita yang kalian capi. Mari belajar bersamaku mengenali tentang anatomi otak, apa kalian tau apa sih otak itu ? dan apa anatomi otak itu ?

otak manusia adalah merupakan organ yang telah dilindungi oleh tengkorak dan selaput otak biasa disebut dengan organ vita dan kompleks. pada bagian otak ini memiliki berbagai maacam bagian dan memiliki masing - masing kegunaan, yang disebut bagian yaitu anatomi otak manusia memiliki berbagai macam dan memiliki fungsi masing - masing anatomi sebagai berikut :

Batang otak

 Batang otak adalah merupakan bagian yang berada dibagian belakang yang terhubung dengan sumsum tulang pada bagian ini mengandung serabut saraf yang berfungsi untuk membawa sinyal keseluruh bagian tubu. Pada bagian batang otak ini ia juga memiliki fungsi untuk mengatur detak jantung, tekanan darah dan pernapasan dalam tubuh. 

Serebelum 

Serebelum adalah merupakan bagian dari otak kecil yang terletak pada kepala bagian belakang, pada bagian serebelum ini terlihat aneh karena dijuluki dengan otak kecil tetapi serebelum ini memiliki hampir keseluruan volume yang terdiri atas lapisan materi abu - abu yang sangat tipis . 

Talamus

Talamus adalah merupakan otak yang berada dibagian tengah otak tempatnya yang ada pada bagian serebral dan pada bagian tengah. Thalamus ini merupakan bagian struktur yang sangat besar yaitu pada bagian otak yang terletak diantaranya tengah - tengah otak dan otak bagian depan. Fungsi thalamus ini sebagai pengirim pesan antara sensorik yang estafet berasal dari tubuh menyalur pada bagian otak untuk mengatur dalam tingkat kesadaran tubuh. 

Hipotalamus

 Hipotalamus adalah merupakan bagian otak yang bisa mengeluarkan bahan kimiawi yang berupa hormon telah dibutuhkanoleh anggota tubu sebagai pengendalian organ sel - sel dalam tubuh. Fungsi hipotalamus ini sebagai untuk mengatur dalam kepastian dan mempertahankan semua sistem yang ada pada tubuh agar berjalan secara setabil.

Amigdala

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline