Lihat ke Halaman Asli

_18Lailamaghfiroh13456789

MAHASISWI UIN MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG

Perbedaan antara Laki-laki dan Perempuan

Diperbarui: 3 November 2022   06:51

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Apa sih perbedaan antara laki - laki dan perempuan ? perbedaanya yaitu gander adalah perbedaan antara laki - laki dan perempuan yang dilihat dari tingkah laku, sifatnya dan perilaku yang ditanamkan laki - laki sejak lahir dan perilaku perempuan sejak lahir, bukan perbedaan  dari jenis kelaminnya . Gender dapat didefinisikan melalui terlahirnya individu yang biologis laki - laki dan perempuan yang dapat dibedakan dari  ciri caranya bersosial anak laki - laki dan perempuan dapat dilihat dari gaya. 

Kesetaraan Gender adalah suatu konsep yang dikembangkan dalam dua instrumen internasional yang didasi dalam suatu hal yaitu Deklarasi universal  suatu hak asasi manusia dan suatu konveksi menghilangkan suatu bentuk diskriminasi pada perempuan. Deskriminasi Universal  dapat dijelaskan bahwa hak asasi manusia dilahirkan secara bebas dan sama. Lalu pada pengertian deskriminasi universal sudah dapat disimpulkan bahwa perempuan dan laki - laki dilahirkan  secara bebas dan sama maka dari itu hak laki - laki dan perempuan sama maupun kesetaraan laki - laki dan perempuan juga sama. Kesetaraaan laki - laki dan perempuan ini sama tertuju pada hal politik, ekonomi, sipil, sosial dan budaya.  Konsep ini ditunjukkan kepada individual  tidak ada yang ditolak secara akses tetapi hak tersebut dapat dirampas ketika membedakan jenis kelamin.  

Identitas gender merupakan suatu identifikasi seseorang individu sebagai laki - laki, perempuan atau jenis kelamin yang diluar norma kemasyarakatan. Lalu apabila kamu sudah dilahirkan sebagai laki - laki maka tunjukkanlah bahwa kamu itu laki - laki dengan kegagahan dan tegas kamu dalam melakukan seatu kebijakan, apabila perempuan maka tunjukanlah feminimnya tingkahlakumu sebagai perempuan, dan hal ini yang disebut dengan ekspresi gender. Ekspresi Gender ini dibagi menjadi tiga yaitu yang pertama maskulin, yang kedua  feminim, yang ketiga campuran keduanya atau tidak ada campuran keduanya. 

orientasi seksual adalah dimana kamu mulai tertarik dengan lawan jenismu menunjukkan keromantisanmu, emosionalmu dan seksual. seperti yang telah dijelaskan bahwa orientasi seksual berbeda dengan identitas gender karena identitas gender lebih tertuju menunjukkan dirianda itu siapa bukan ketertarikan anda dengan lawan jenis.  Dapat disimpulkan orientasi seksual adalah menunjukkan bahwa siapa pasangan kalian sedangkan identitas gender adalah menunjukkan siapa diri kamu sebenarnya. Hal ini dikutip oleh Planned Parenthood, orientasi seksual adalah bagian yang alami dari diri kalian bukan sesuatu yang dijadikan sebagai pilihan maka orientasi seksual ini dapat berubah sepanjang hidup kalian.  Adapun jenis - jenis orientasi lingkungan sebagai berikut :

1. orientasi monoseksual

orientasi ini terbagi menjadi dua diantaranya Heteroseksual adalah seseorang perempuan atau laki - laki yang tertarik pada lawan jenisnya seprti laki - laki suka dengan perempuan dan perempuan suka dengan laki - laki.

Homoseksual adalah seorang yang suka dengan sama jenisnya contohnya perempua suka dengan sesama dan laki - laki suka dengan sesama jadi meleka ini hanya tertarik dengan sesama jenisnya. 

2. Orientasi poliseksual

orientasi ini juga terbagi menjadi dua yaitu Biseksual  orang yang suka dengan orang yang jenis kelaminnya berbeda dan dia uga suka dengan orang yang jenis kelaminnya  sama .

Panseksual adalah orang yang tertarik dengan orang lain tetapi mereks terlepas dari gandernya. 

Queer adalah orang  yang tertarik dengan dirinya yang tertarik dengan banyak gender. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline