Lihat ke Halaman Asli

PMM UMM 36 Ajari Pembuatan Marketplace Desa Bakalan

Diperbarui: 8 April 2021   18:25

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sosialisasi pembuatan marketplace pada UMKM dibidang fashion

Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) yang dilakukan kelompok 36 gelombang 4, yaitu kegiatan sosialisasi penggunaan marketplace pada UMKM dengan pemanfaatan tekhnologi digital di Desa Bakalan, Kecamatan Bululawang, Kabupaten Malang.

Marketplace adalah pihak perantara yang mempertemukan antara penjual dan pembeli didunia maya (internet). Seperti contoh Tokopedia, Shopee, Blibli, Bukalapak, maupun Lazada. Dimasa New normal Pandemi ini banyak sekali orang yang tidak memiliki pekerjaan juga UMKM ynag terancam tutup. Untuk itu penting bagi warga untuk meningkatkan daya saing bisis melalui tekhnologi digital. Hal ini sejalan dengan program Kementerian Koperasi dan UKM yang mendorong UMKM untuk go digital. 

Setelah melakukan survei keberapa UMKM yang di Desa Bakalan seperti Susu Kedelai Ibu Suli, Roti Goreng, Perternakan Ikan Koi Gatot Koco, pedagang kecil dan sebagainya, mendapat hasil bahwa pelaku UMKM yang tidak mengetahui cara penggunaan marketplace ada juga yang masih gaptek atau masih belum bisa menggunakan digital. Mereka mengaku masih menjual dagangannya via sosial media seperti facebook, instagram, whatsapp maupun sms. Hal ini yang mendorong PMM UMM kelompok 36 gelombang 4 untuk melakukan sosialisasi dalam pembuatan marketplace.

survei UMKM roti goreng di Desa Bakalan

foto bersama ibu pemilik UMKM roti goreng

menjelaskan pentingnya pembungkusan barang dalam pemasaran

Dalam kegiatan ini mahasiswa PMM UMM kelompok 36 mengajari cara pembuatan marketplace juga penggunaanya. Memberikan contoh bahasa yang digunakan dalam bisnis online, memberikan tips agar penjualannya menarik minat pembeli serta menjelaskan cara pengiriman barang maupun cara membungkus barang agar menarik.

foto bersama pemilik perternakan ikan koi "Gatot Koco"

Dimana selama sosialisasi pelaku UMKM merasa terbantu dan berterima kasih atas penjelasan PMM UMM kelompok 36. Pelaku UMKM juga segera membuat marketplace dan melakukan kiat-kiat yang kami berikan. Pelaku UMM juga memberikan dukungan penuh juga menjadi sponsor di kegiatan PMM UMM yang dilakukan kelompok 36. Selanjutnya untuk rasa syukur kami membantu pelaku UMKM untuk memasarkan dagangan mereka.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline