Lihat ke Halaman Asli

Laila Nur Fadhilah

Mahasiswa Umsida

Negosiasi Sukses! PT. Metrix Inspira dan Costumer Temukan Solusi Tepat untuk Kerjasama yang Berkelanjutan

Diperbarui: 12 Juli 2024   19:56

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gambar Tahapan-tahapan Negosiasi (Dokpri)

Negosiasi Sukses! PT. Metrix Inspira dan Customer Temukan Solusi Tepat untuk Kerjasama yang Berkelanjutan

Negosiasi merupakan suatu proses dari 2 pihak atau lebih yang mempunyai kepentingan yang sama atau bertentangan. Negosiasi dilakukan untuk mencapai kesepakatan melalui perundingan. PT. Metrix Inspira adalah perusahaan sistem integrator yang fokus pada otomasi dan proses pengemasan. Menyediakan layanan survei, desain sistem konseptual, pemrograman dan perakitan mesin, instalasi, dan komisioning sistem di industri farmasi, makanan dan minuman, barang konsumen, dan otomotif. Banyak Perusahaan atau pabrik-pabrik besar yang mempercayai PT. Metrix Insipra sebagai vendor distribusi mesin mereka, seperti Unilever, Semen Indonesia, Nestle dan masih banyak lagi. Dalam hubungan bsinis tersebut pasti melakukan proses negosiasi untuk mencapai kesepakatan. Berikut adalah tahapan negosiasi yang dilakukan PT. Metrix Inspira dengan costumer:

  • Persiapan: Sebelum melakukan negosiasi, tentu PT. Metrix Inspira telah menyiapkan informasi dan hal-hal apa saja yang akan dipresentasikan kepada calon costumer.
  • Diskusi: Pada tahap ini PT. Metrix Inspira memaparkan tujuan dan mempresentasikan terkait produk, rincian harga, ketentuan waktu pengiriman dan keunggulan perusahaan dari segi pelayanan dan lain-lain
  • Perundingan/Negosiasi: PT. Metrix Insipra melakukan proses negosiasi dengan calon costumer terkait penawaran harga, delivery time seperti cepat lambatnya pengiriman barang, pembayaran awal dpa tau tidak dan lain-lain.
  • Kesepakatan: Suatu kesepakatan dapat tercapai apabila kedua belah pihak sama-sama mempunyai tujuan yang harus disepakati. Dalam proses negosiasi tentu saja tidak selalu berjalan lancar, beberapa kendala pasti sering terjadi dalam bernegosiasi. PT. Metrix Insipra sering kali mengalami kendala dalam bernegosiasi dengan calon costumer terkait harga. Setiap perusahaan pasti mempunyai target anggaran pengeluaran dan pemasukan sendiri-sendiri. "Jadi ketika calon costumer kita kurang srek sama harga yang kita kasih, maka mau gamau salah satu dari kita harus menerima resiko untuk tercapainya kesepakatan. Tetapi dari resiko yang diambil tentu saja kita punya solusi untuk ngatasinnya" ungkap maya sebagai salah satu staff marketing PT. Metrix Insipra. Dari kendala tersebut solusi PT. Metrix Insipra adalah membuat subsidi sparepart atau bisa juga mengacu pada jangka waktu pengiriman.
  • Penutup dan Kesepakatan: Taap terakhir adalah PT. Metrix Insipra dan costumer memastikan terkait point" yang telah disepakati seperti delivery time dan penawaran harga hingga kemudian kesepakatannya bisa dilaksanakan.



BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline