Lihat ke Halaman Asli

Semboyan Negara sebagai Identitas Nasional dalam Pembangunan Karakter Bangsa pada Peran Mahasiswa

Diperbarui: 5 Januari 2023   07:00

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Identitas nasional adalah ciri khas, keunikan yang mencerminkan kepribadian bangsa yang membedakannya dengan bangsa lain. Tujuan identitas nasional adalah sebagai tanda, karakteristik bangsa, menumbuhkan kebersamaan dan rasa cinta Negara. Sedangkan karakter bangsa adalah nilai kehidupan yang bertaut pada pancasila yang mendorong seseorang untuk mengacu pada isi pancasila dikehidupannya.

Berikut adalah identitas nasional yang ada di Indonesia:

1. Bendera Negara, Merah Putih

2. Bahasa Negara Indonesia

3. Lambang Negara Garuda Pancasila

4. Lagu Kebangsaan, Indonesia Raya

5. UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945

6. Semboyan Negara Bhinneka Tunggal Ika

Salah satu identitas nasional Negara Indonesia yaitu semboyan Negara Bhinneka Tunggal Ika, apakah di Negara lain memiliki semboyan? Ya, Negara lain memiliki semboyan dan memiliki makna yang mencerminkan negaranya tentang semangat, kesatuan, keindahan dan lain sebagainya.

Pancasila sebagai dasar Negara dan pandangan hidup bangsa untuk membangun karakter bangsa Indonesia. Dari sila ke-3 yang berbunyi "Persatuan Indonesia", sila ke-3 ini mencerminkan semboyan identitas bangsa Indonesia yaitu Bhinneka Tunggal Ika yang berarti "Berbeda-beda tetapi tetap satu" di mana pembangunan karakter bangsa dari semboyan tersebut menggambarkan bahwa Negara Kesatuan Republik Indonesia yang beraneka ragam, budaya, bahasa, daerah, ras, suku, bangsa, agama, dan kepercayaan tetapi tetap satu Negara, satu tujuan, dan satu visi, misi.

Masyarakat Indonesia hidup bersama dengan warga dari daerah yang berbeda serta agama yang berbeda, mereka membangun kebersamaan dalam kehidupan sehari-harinya saling membantu satu sama lain. Walaupun berbeda-beda tetapi mereka dapat hidup bersatu seperti yang tercantum pada nilai pancasila yaitu sila ke-3.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline