Lihat ke Halaman Asli

Jauhilah Penyakit Hati, Hidupmu Akan Tenang

Diperbarui: 10 Mei 2024   21:43

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

Ketika berbicara tentang dosa, yang terbesit dalam pikiran kita adalah maksiat-maksiat yang dilakukan oleh anggota badan. Seperti mencuri, berzina, meminum khamr dan lainnya. Namun, jarang terlintas dalam pikiran kita kalau dosa yang tersembunyi justru sangatlah membahayakan. Seperti penyakit hati. 

Penyakit hati merupakan dosa pertama yang dilakukan, baik di langit ataupun bumi. Iblis terusir dari surga karena hasad terhadap Nabi Adam 'Alaihissalam.

Diantara penyakit hati yaitu hasad, iri, dengki dan sombong. Seseorang yang memiliki penyakit hati tersebut, tidak akan merasa tenang dalam hidupnya. Setiap ada seseorang yang memiliki kelebihan, ia merasa iri dan tidak suka. Ingin merasa paling beruntung diantara yang lainnya. 

Puncak keimanan seseorang adalah ketika ia dapat menahan dirinya agar tidak dengki terhadap seseorang, dan justru mendoakan yang terbaik untuk orang tersebut.

Selain dengki, rasa sombong dan ujub juga perlu ditinggalkan.

Sesungguhnya, ada seorang hamba yang berbuat kebaikan namun justru kebaikan itu menyebabkan ia masuk neraka, dikarenakan perbuatan baiknya itu membuat ia bangga pada dirinya sendiri. 

Nabi SAW bersabda: "Tidaklah masuk surga seseorang yang didalam hatinya terdapat kesombongan sebesar biji dzarrah (attom) sekalipun." HR. Muslim

Hendaknya seorang muslim menjauhi perbuatan-perbuatan tersebut, agar lebih tenang menjalani kehidupan.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline