Lihat ke Halaman Asli

Pemilihan Gubernur DKI Jakarta Menjadi Sorotan Publik

Diperbarui: 23 Desember 2016   09:23

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Politik. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Pemilihan gubernur DKI Jakarta 2017 yang biasa disingkat dengan pilgub Jakarta atau pilgub DKI 2017 ini akan diselenggarakan pada 15 Februari 2017 mendatang, untuk menetukan gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta periode 2017-2022. Pemilihan ini merupakan pemilihan kepala daerah ketiga bagi Jakarta yang dilakukan secara langsung menggunakan sistem pencoblosan, di semua daerah pun sama dengan cara pencoblosan. Jadwal pemilihan periode ini dimajukandari jadwal pemilihan sebelumnya, yaitu pada tanggal 11 Juli karena mengikuti jadwal pilkada serentak gelombang kedua pada 2017. Berdasarkan peraturan, hanya partai politik yang memiliki 22 kursi atau lebih di DPRD Jakarta yang dapat mengajukan kandidat, itu lah salah satu syarat mencalonan gubernur.

Pilgub DKI Jakarta 2017 ini paling menjadi sorotan dibandingkan 100 daerah lain menggelar pilkada pada waktu bersamaan. Pilgub DKI yang akan berlangsung ini secara tidak langsung dari tahun ketahun sudah menjadi sorotan publik, karena salah satunya karena Jakarta juga ibukota negara Inodenesia tercinta. Sayangnya, salah satu calon gubernur bapak Basuki tjahaja purnama yang biasa dipanggil dengan “ahok” tersandung kasus dugaan penistaan agama. Sidang demi sidang di jalani oleh bapak ahok, hingga adanya aksi damai 212 yang di gelar di Monas dengan di hadari presiden RI bapak Jokowidodo dan melimpahnya umat muslin dari berbagai kota yang terus berdatangan untuk menyaksikan aksi damai tersebut.

Ahok menjadi sorotan tajam terkait ucapannya saat dialog dengan warga kapulauan seribu beberapa waktu lalu dengan menyebut surat Al Ma’idah 51. Jika bapak ahok nantinya menjadi tersangka, maka otomatis batal menjadi calon gubernur DKI Jakarta. Banyak pihak yang berspekulasi, jika bapak ahok menjadi tersangka, maka dirinya batal menjadi cagubDKI Jakarta pada pilkada DKI 2017. Namun, badan pengawas pemilu DKI Jakarta menegaskan jika status tersangka tersemat kepada bapak ahok bukan berarti akan gugur menjadi calon gubernur.

Adapun juga bapak Agus harimurti yudhoyono, yang akrab di panggil agus yudhoyono anak sulung dari pasangan Susilo bambang yudhoyono dan Kristiani herawati. Saat ini beliau juga mencalonkan diri sebagai gubernur DKI Jakarta bersama Sylviana Murni. Karena pencalonan ini, ia harus melepaskan karier nya sebagai tentara.

Dan satu-satunya calon gubernur perempuan DKI Jakarta adalah Anies Baswedan, beliau resmi maju sebagai calon gubernur DKI Jakarta 2017 berpasangan dengan Sandiaga Uno. Anies dikenal luas sebagai tokoh yang berpengaruh bagi pendidikan Indonesia. Indonesia mengajar adalah program yang digagasnya sejak 2009 untuk merekrut, melatih, dan mengirim generasi muda terbaik bangsa untuk mengajar ke berbagai daerah terpencil di Indonesia.

Pilgub DKI bukan hanya dilihat dan diamati masyarakat Jakarta, melainkandiperhatikan seluruh masyrakat Indonesia. Bahkan, pengamat polit di Indonesia dan dunia pun ikut serta mengamati pilgub DKI Jakarta. Ini adalah momentum yang harus dimanfaatkan untuk membuktikan jika aparatur terkait di DKI bisa menjadi contoh bagus dalam mengawal jalannya pilkada. Pilkada tidak akan terselenggara tanpa partisipasi fdari semua pihak. Kesukesan akan nampak jelas terutama atas partisapasi calon gubernur dan partisipasi serta antusiasnya masyarakat.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline