Lihat ke Halaman Asli

LAILA FAJRIMULYANI

Guru/SMP Islam Al - Falaah

Sekolahku, Rumah Keduaku

Diperbarui: 29 Juli 2024   12:26

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

https://sekolahal-falaah.sch.id

Ada yang sadar ga sih ? Mengapa  ada istilah sekolah bisa menjadi rumah kedua? Tentu saja, karena waktu yang dihabiskan di sekolah sangat panjang. Terkadang untuk waktu tertentu, waktu yang dihabiskan di sekolah jauh lebih panjang, dibandingkan ketika berada di rumah sendiri. 

Sejak berangkat dari rumah bisa dikatakan kita semua berada di sekolah sejak dari pukul 06.45, kurang lebih 8 jam dalam sehari, baik itu untuk siswa, guru, karyawan dan segenap warga sekolah. Tentu saja, waktu yang dihabiskan di lingkungan sekolah sangat panjang. Sehingga bisa dikatakan, sekolah adalah rumah kedua bagi kita semua warga sekolah. Sudah semestinya, kita ingin selama di rumah bisa nyaman dan aman, demikian juga selama di sekolah. Lalu bagaimana menciptakan agar bisa nyaman dan aman di lingkungan sekolah sehingga kita bisa merasakan sekolah kita seperti di rumah sendiri ?

Menurut saya, salah satunya yaitu dengan lingkungan sekolah yang bersih dan sehat . lantas bagaimana menciptakan sekolah yang bersih, hijau, serta sehat itu ? Penanaman hidup bersih dan sehat sudah sepatutnya ditanamkan sejak dini kepada peserta didik kita, Sebagai upaya menanamkan perilaku sehat dan bersih kepada peserta didik di sekolah, SMP Islam Al - Falaah mengadakan beberapa program diantaranya yaitu LISA dan KURASAKI. 

Program yang pertama yaitu  LISA (Lihat Sampah Ambil) . Program LISA ini dilaksanakan setiap harinya , bagi siswa yang melihat dan menemukan sampah di lingkungan sekolah sudah sepantasnya langsung membuang sampah pada tempat sampah , tidak peduli sampah itu milik sendiri atau orang lain. Selanjutnya program yang kedua yaitu KURASAKI (Kurangi Sampah Sekolah Kita). Program KURASAKI ini diadakan setiap hari Jumat, dimana setiap hari Jumat sekolah meniadakan tempat sampah, ada beberapa hal yang harus diperhatikan siswa , diantaranya :

1. Siswa wajib membawa tempat makan

2. Siswa wajib membawa tempat minum

3. Siswa wajib membawa tissue atau sapu tangan

4. Siswa wajib membawa kantong plastik 

5. Siswa tidak boleh membuang sampah di kelas atau lingkungan sekolah.

Bila kedua program ini sudah dijalankan dengan sebaik-baiknya, akan menjadi bagian dari pendidikan karakter siswa-siswi, maka sekolah benar-benar sudah melaksanakan fungsinya dengan baik. Pada akhirnya, sekolah tidak saja sebagai bagian dari proses pembelajaran, namun sekolah sudah menjadi bagian hidup bagi siswa dan warga sekolah. Sehingga sekolah menjadi rumah kedua yang nyaman untuk ditempati.

 Akhirnya, menjadikan sekolah sebagai rumah keduaku harus menjadi moto yang penting agar para siswa nyaman dan aman berada di sekolahnya. Dengan semangat landasan islami yang berkarakter, SMP Islam Al- Falaah bisa menjadi rumah kedua bagi siswa, guru, karyawan dan segenap warga sekolah. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline