Lihat ke Halaman Asli

Komunitas Lagi Nulis

Komunitas menulis

Jika Kamu Sedang Tidak Baik-baik Saja

Diperbarui: 22 April 2020   06:29

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Jika Kamu Sedang Tidak Baik-Baik Saja

Oleh Sitti AfifahBeberapa waktu yang lalu seorang teman bertanya "apa yang kamu lakukan saat kamu sedang merasa tidak baik-baik saja?" Saya yakin semua orang pasti pernah merasakannya, tapi tidak semua orang tahu bagaimana cara mengatasinya.

Dulu saat saya sedang merasa tidak baik-baik saja, saya seringkali tidak mau berbicara dengan siapapun, saya lebih senang diam di kamar dan menangis sepuasnya. Suatu ketika teman saya mengomentari sikap saya yang seperti itu, karena hal tersebut akan memperumit masalah dan menyakiti hati orang lain. Saya tersadar dan mulai memperbaiki sikap tersebut, walau dalam perjalanannya tidak selalu berjalan mulus, hingga saat ini pun saya masih belajar, berikut adalah cara saya mengatasi diri sendiri jika sedang merasa tidak baik-baik saja :

1. Mengenali sebab

Jika merasa sedang tidak baik-baik saja, maka kita perlu mengetahui sebabnya, entah karena teman yang menyebalkan, kecewa terhadap diri sendiri, sedih karena sebuah perpisahan, dan lain lain.

2. Terima

Sedih rasanya ketika seorang teman berkata "aku ini kenapa sih, gitu doang sedih?!" seakan-akan emosi tersebut merupakan hal yang salah. Emosi itu tanda bahwa kita ini manusia, kita enggak harus selalu bahagia, kok. Terima dulu segala macam emosi, lalu redakan setelahnya.

 3. Menghindari orang lain atau diam

Saya selalu khawatir kalau sedang merasa tidak baik-baik saja, saya akan mengatakan perkataan yang menyakiti orang lain, maka dari itu saya menghindari orang lain, tapi bukan berarti saya enggan untuk diajak bicara, saya tetap akan merespon dengan seadanya.

Sebagaimana dalam hadits, Dari Ibnu Abba berkata Nabi Shalallahu 'alaihi wasallam, beliau bersabda:

"Jika salah seorang di antara kalian marah, maka diamlah." (HR. Ahmad, 1: 239).

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline