Lihat ke Halaman Asli

laely saidatulummi

Jd diri sendiri

Guru Ngajiku

Diperbarui: 26 Mei 2022   21:55

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Halo assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh, sebelumnya Apa kabar semuanya? Saya yakin semuanya pasti baik-baik saja. Nah kembali lagi di artikel saya kali ini yang tentunya sangat menarik apalagi kali ini tentang sosok yang sangat berjasa dalam kehidupan kita di dunia maupun di akhirat. 

Ya Siapa lagi kalau bukan guru kita, berbicara mengenai guru tentu banyak sekali guru kita yang mengajarkan satu huruf kepada kita sehingga kita bisa menjadi seperti saat ini, Apalagi kan kita ini sudah dewasa ya atau remaja bisa dibilang pasti kita semua sudah lancar mengaji pokoknya lancar Belajarlah semuanya. 

Berbicara tentang mengaji tentu kita pasti mengingat tentang guru ngaji kita dahulu sehingga kita bisa mengaji dengan lancar sampai saat ini. Nah karena kita membahas tentang mengaji kali ini saya akan memperkenalkan sosok guru ngaji saya waktu kecil sehingga saya bisa mengenal Alif Ba Ta sampai lancar lagi hingga saat ini.

Nah siapa sih guru ngaji saya??

Guru ngaji saya yang pertama adalah ibu saya ibu saya mengajarkan kepada saya mengaji saat masih TK, tetapi pada waktu itu Ibu saya hanya mengajarkan Iqro dan tidak sampai selesai. Karena pada waktu itu Umur saya sudah bisa mengenal alif ba ta Maka Ibu saya menyerahkan Saya belajar mengaji kepada seorang Ustaz dan tentunya bukan hanya saya saja yang diajarkan oleh Beliau tetapi banyak sekali anak-anak yang juga belajar pada beliau. 

Guru ngaji saya ini bernama Ustaz Rozak itu adalah nama yang kami Panggil untuk beliau . Bagi saya Ustadz Rozak adalah Ustaz yang sangat sabar sabar dan sangat baik hati ketika mengajar murid-muridnya. 

Di tempat ngajar beliau atau yang sering kami sebut dengan mushola di situ saya belajar mengaji dari Iqro sampai sampai selesai lalu lanjut ke Alquran belek ( al Quran besar( hingga sampai khatam juga. Ketika saya mengaji Iqro di sana Saya diajarkan tajwid diajarkan cara membaca yang baik dan benar oleh Beliau sehingga tidak begitu lama saya lanjut ke Alquran belek. 

Nah setelah saya sampai pada Alquran Blek saya tidak begitu kesusahan Karena pada saat Iqro beliau sudah mengajarkan tajwid dan tata cara membaca yang baik dan benar. Setelah beberapa nama khatam Saya pindah mengaji karena bisa dibilang tempat Saya mengaji ini cukup jauh jaraknya dengan rumah saya dan saya pindah mengaji di tempat yang dekat dengan rumah saya.

Dan di tempat baru Saya mengaji ini di situ sangat bagus juga dan guru mengaji saya ini juga sangat teliti beliau sangat memperhatikan tajwid-tajwidnya sehingga ketika kita diajar oleh Beliau kita harus benar-benar memperhatikan makhrojatul hurufnya. Lalu setelah saya lulus SD saya masuk ke pondok pesantren unwanul Falah Nahdlatul Wathan paok Lombok. 

Setelah saya masuk ke pondok pesantren ini di tempat saya mengaji itu saya sudah tidak mengaji lagi di situ karena saya sudah di pondok dan saya pulang satu kali sebulan sehingga jarang saya ke tempat ngaji Saya lagi dan jikalau saya pulang dari Pondok Saya hanya mengaji di rumah. 

Nah di pondok pesantren tempat saya mondok ini saya mulai belajar menghafal Alquran, di sana kami diajarkan cara menghafal Alquran oleh Ustaz kami yang bernama ustad muhayan, beliau adalah sosok yang sangat menginspirasi bagi kami untuk menghafal Alquran selain itu beliau juga seperti sahabat sendiri bagi kami karena sikap beliau yang begitu sangat sayang kepada murid-muridnya yang telah memberikan motivasi kepada murid-muridnya untuk selalu semangat menghafal Alquran sehingga murid-muridnya juga sangat hormat kepada beliau karena cara beliau yang begitu baik dalam mendidik murid muridnya. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline