Lihat ke Halaman Asli

Laeli Nuraj

Basic Education Research Team

Makanan Berkuah Khas Medan, Cocok disantap Saat Hujan

Diperbarui: 20 September 2024   18:15

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Mie Sop Medan | Dok. Pribadi

Kota Medan sangat terkenal dengan kulinernya yang lezat dan menggunggah selera. Kekayaan rempah-rempah yang dimiliki sejak masa kolonial menjadikan setiap kudapan Medan begitu khas dan kaya akan rasa. Maka tidak heran jika banyak wisatawan sengaja berkunjung ke Medan untuk mencicipi kuliner yang beraneka rupa.

Berbagai olahan berbahan dasar daging ayam, sapi, babi, sayuran, dan seafood dimasak dengan bumbu yang melimpah. Dari sate memeng dengan kuah kacang dan kecap, babi panggang karo yang sangat pepuler, Durian Ucok, Wajir Seafood yang selalu panjang antriannya, serta bermacam olahan mie yang nikmat.

Tepat sebulan yang lalu, Medan mulai diguyur hujan. Hujan yang turun terus menerus membuat Medan yang panas menjadi sejuk dan agak dingin. Di saat-saat seperti ini, paling cocok menikmati makanan berkuah untuk menghangatkan badan. Berikut beberapa kudapan berkuah khas Medan yang bisa dicoba.

Mie Sop Ganas | Dok. Pribadi

Mie Sop Medan

Mie Sop Medan merupakan olahan mie dengan kuah kaldu ayam yang gurih dan menghangatkan badan. Mie yang digunakan biasanya mie kuning, bihun, dan kwetiaw. Kita bisa memilih salah satu jenis mie atau mengkombinasikan ketiganya. 

Puluhan jenis rempah yang digunakan sebagai bumbu menjadikan rasa dan aroma Mie Sop sangat lezat. Selain bumbu utama seperti bawang merah, bawang putih, pala, kemiri, merica, juga dilengkapi dengan kapulaga, bungalawang, daun seledri, dan daun bawang. 

Mie Sop akan lebih nikmat jika disajikan dengan suwiran ayam dan bakso serta kerupuk. Biasanya di restoran yang menjual Mie Sop juga menyediakan sate kerang dan sate jengkol yang penuh dengan bumbu.

Bagi yang ingin mencoba Mie Sop Medan bisa berkunjung ke Mie Sop Blitar Warisan yang ada di beberapa tempat. Salah satunya di Jalan H. M. Thamrin No. 69. Harganya bervariasi mulai dări Rp 15.000 hingga Rp 30.000 tergantung menu tambahan yang dipilih.

Ada lagi Mie Sop bacok yang sangat terkenal dengan potongan ayam goreng yang dipotong dengan cara seperti membacok. Lokasinya berada Jl. Amaliun No.16f, Kotamatsum III, nama tempatnya Mie Sop Kampung Ganas. 

Lontong Sayur | | Dok. Pribadi

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline