Proyek kepemimpinan merupakan salah mata kuliah wajib dalam PPG Prajab dimana mahasiswa PPG Prajab. Dalam mata kuliah ini, mahasiswa melakukan aksi nyata, dimana mahasiswa dilatih keterampilan komunikasi yang efektif, serta mempelajari bagaimana mengelola konflik dengan bijaksana, melalui kegiatan interaktif, studi kasus, dan latihan simulasi yang memungkinkannya untuk menerapkan konsep kepemimpinan dalam konteks kehidupan yang sesungguhnya.
Adapun proyek yang dilakukan berupa pengembangan media pembelajaran matematika berbentuk mading interaktif yang dilakukan di SMP N 203 Jakarta. Kegiatan proyek kepemimpinan ini dilakukan oleh kelompok B kelas matematika 01 Mahasiswa PPG Prajabatan Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA, gelombang 1 tahun 2023. Kelompok ini diketuai oleh Hikmah Suciani dan beranggotakan Fany Andisa, Istiqomah, Indra, Khoviva Indriyasmi, Laelatul Maghfiroh, Naily Fitriyah, dan Hanna Siti N. Selama pelaksanaan proyek kepemimpinan ini kami dibimbing oleh Bu Isnaini Handayani, M.Pd. selaku Dosen pembimbing proyek (DPP) pada mata kuliah Projek Kepemimpinan.
Ide pembuatan Math-Ding ini berangkat dari anggapan "Matematika merupakan pelajaran yang sulit" oleh kebanyakan peserta didik, tak terkecuali bagi peserta didik di SMP N 203 Jakarta. Setelah melakukan observasi dan membagikan angket analisis kebutuhan peserta didik dalam pelajaran matematika, ditemukan bahwa peserta didik masih kesulitan dalam materi Bangun Ruang.
Selain melakukan analisis kebutuhan terhadap peserta didik, Tim B juga melakukan wawancara terhadap guru matematika di sekolah tentang media pembelajaran bangun ruang yang selama ini digunakan dan kebutuhan media pembelajaran yang dapat mendukung proses pembelajaran.
Adanya temuan tersebut, Tim B Proyek Kepemimpinan PPG Prajabatan Uhamka yang berjumlah 8 orang melakukan diskusi bersama Dosen pembimbing dan memutuskan untuk menggelar Proyek Kepemimpinan berupa pembuatan dan sosialisasi mading interaktif yang disebut "Math-Ding" di SMP negeri 203 Jakarta.
Pembuatan mading interaktif yang kemudian disebut dengan istilah Math-ding ini merupakan sebuah inovasi pengembangan mading yang telah ada di sekolah berdasarkan kebutuhan peserta didik. Jika sebelumnya mading yang ada di sekolah hanya bisa dibaca, tim B ini menginisiasi untuk mengajak peserta didik membuat mading yang dapat dibaca dan di sentuh (praktik langsung melalui beberapa aktivitas).
Konten yang ada pada Math-Ding ini berupa penjelasan materi, contoh soal, latihan soal, Bentuk 3 dimensi bangun ruang, jaring-jaring bangun ruang interaktif, dan games matematika berbentuk ular tangga dan teka teki silang. Selain aktivitas yang beragam, math-ding ini juga memanfaatkan teknologi yang ada yaitu mengemas materi dalam bentuk Barcode.
Adapun tujuan pengemasan menggunakan barcode adalah agar bisa diakses peserta didik secara online sehingga dapat diakses dimanapun dan kapanpun. Dengan hadirnya Math-ding di SMP N 203 Jakarta ini diharapkan dapat membantu peserta didik dalam memahami materi serta dapat memberikan pengalaman belajar matematika yang menyenangkan bagi peserta didik
Setelah proses perencanaan dalam tim proyek matang, Proses pembuatan Math-Ding ini dilanjutkan dengan tahap perizinan kepada pihak sekolah. Setelah bertemu dengan guru pamong dan kepala sekolah, kami mendapat sambutan yang sangat baik untuk projek pembuatan Math-ding ini. Tidak hanya memperoleh izin pelaksanaan, pihak sekolah juga memberikan dukungan berupa dua papan Mading yang dapat dimanfaatkan untuk proyek ini sehingga tim B tidak perlu untuk membeli papan baru.
Setelah melewati proses perizinan, selanjutnya tim melakukan eksekusi terhadap proyek kepemimpinan yang telah direncanakan. Adapun rangkaian kegiatan proyek kepemimpinan yang telah direncanakan adalah sosialisasi kegiatan proyek kepemimpinan, pembuatan Math-ding bersama peserta didik (2 kali pertemuan), dan diakhiri dengan acara sosialisasi dan penyerahan mathding secara simbolis kepada sekolah.