Lihat ke Halaman Asli

Laela Devi

Mahasiswa Ekonomika dan Bisnis

Dampingi UMKM, Mahasiswa KKN UNDIP Kenalkan Digital Marketing Melalui E-Commerce

Diperbarui: 8 Agustus 2021   22:52

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumen pribadi

Grobogan (22/07/21) -- KKN Tim II Universitas Diponegoro Tahun 2021 saat pandemi seperti ini dilaksanakan secara individu di daerah masing-masing atau KKN Pulang Kampung. 

Pelaksanaan tersebut dimulai pada tanggal 30 Juni sampai dengan 15 Agustus 2021. Walaupun berbeda dari pelaksanaan KKN di tahun-tahun sebelumnya, Universitas Diponegoro tetap menjalankan KKN untuk pengabdian dan menunjang pemberdayaan masyarakat serta membantu pemerintah dalam mempercepat proses pembangunan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Laela Devi Amaliah merupakan mahasiswa Universitas Diponegoro dari Program Studi Akuntansi melaksanakan pengabdian masyarakat di Desa Karanganyar, Kecamatan Geyer, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah. 

Masyarakat Desa Karanganyar yang berprofesi sebagai pengusaha arang kayu dalam memasarkan produk biasanya diambil langsung oleh pengepul. Hal ini tentu dengan harga yang murah. Dengan memperkenalkan digital marketing menjadikan sebuah inovasi bagi pemilik UMKM untuk mengembangkan usaha dan meningkatkan peluang pemasaran produk secara online sehingga dapat tetap berproduksi.

Dokumen pribadi

E-commerce atau electronic commerce, yang merupakan aktivitas perdagangan baik pembelian maupun penjualan yang dilakukan melalui jaringan elektronik, termasuk didalamnya adalah jaringan internet. Salah satu model dari e-commerce ialah marketplace yang berfungsi sebagai media perantara antara penjual dan pembeli. 

Untuk memutus penyebaran COVID-19 ini masyarakat mengurangi aktivitas di luar rumah dan lebih banyak membeli kebutuhan secara online. E-Commerce yang sudah serba digital salah satunya ialah melalui transaksi secara non-tunai sehingga tidak akan terjadi kontak secara langsung baik dari antara penjual dan pembeli pada saat melakukan proses transaksi.

Pemasaran melalui e-commerce tentunya akan menambah pengenalan produk sehingga lebih meluas diketahui oleh masyarakat daerah lain. Selain itu pembelian maupun penjualan dapat dilakukan dimana saja seperti didalam rumah dan hanya perlu mengeluarkan sedikit biaya operasional bagi penjual. Contoh marketplace yang ada yaitu shopee, tokopedia, lazada, dan bukalapak.

Dalam melaksanakan program ini dilakukan sosialisasi hanya dengan pelaku UMKM saja untuk mematuhi peraturan pemerintah yang tidak memperbolehkan berkerumun. Dalam sosialisasi ini tetap memberlakukan protokol kesehatan yang berlaku.

Dokumen pribadi

Pelaksanaan sosialisasi dimulai dengan mahasiswa memaparkan materi mengenai digital marketing, kemudian memperlihatkan sebuah video edukasi yang menjelaskan cara membuat akun e-commerce, selanjutnya melakukan pendampingan dalam membuat akun e-commerce yaitu shopee dan membantu membuat foto produk yang unik dan menarik. Selain itu dilakukan diskusi mengenai desain packaging produk.

Diharapkan dengan adanya sosialiasi ini, produk UMKM Desa Karanganyar bisa dikenal lebih luas serta dapat meningkatkan penjualan produk dalam kondisi pandemi ini.

Penulis : Laela Devi Amaliah (Fakultas Ekonomika dan Bisnis)

DPL     : Dr. Ir. Suzanna Ratih Sari, MM, MA.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline