Lihat ke Halaman Asli

Laela Ayu Dewanti

Telah diterima di Universitas Airlangga Ilmu Hukum

Potret Kemeriahan Rayakan Hari Jadi Lamongan ke-455

Diperbarui: 5 Juni 2024   10:41

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

BAHAGIA: Bupati Lamongan dan istri menyapa warga Lamongan pada acara Hari Jadi Lamongan ke-455. (Sumber foto: Radar Lamongan) 

Gelar serangkai acara meriah merayakan Hari Jadi Lamongan ke-455 dari pawai budaya hingga hiburan rakyat dengan bintang tamu sinden terkenal dari Kediri, Niken Slindri.

Tepat pada tanggal 26 Mei 2024, kabupaten Lamongan merayakan Hari Jadi Lamongan (HJL) ke-455. Serangkaian acara meriah digelar untuk memeringati HJL Lamongan ke-455. Acara puncak yang berlangsung di Alun-alun Lamongan dengan mengundang sinden atau penyanyi asal Kediri, Niken salindri.

Peringatan HJL kali ini mengusung tema "Kolaborasi Menuju Lamongan Berkelanjutan", yang mencerminkan visi dan misi Lamongan untuk mencapai pembangunan yang berkelanjutan melalui kerjasama dan sinergi antara berbagai pihak. Dengan tema ini Lamongan berkomitmen untuk melakukan pembangunan yang tidak hanya mementingkan pertumbuhan ekonomi, tetapi juga kelestarian lingkungan dan kesejahteraan sosial. Hal ini diharapkan dapat menciptakan Lamongan maju, tangguh, dan berdaya saing, sekaligus menjaga kelestarian lingkungan alam dan kualitas hidup yang baik bagi semua warganya.

Rangkaian acara dimulai dengan upacara bendera yang dilakukan oleh seluruh jajaran pemerintahan dan perwakilan masyarakat di kabupaten Lamongan dengan bertempat di kantor masing-masing. Selanjutnya terdapat kirap pataka dan pawai budaya yang berisi:

  • Drum band dari politeknik pelayaran Surabaya
  • Kirab pataka lambang daerah Lamongan
  • Kereta kencana Bupati Lamongan
  • Parade budaya yak yuk Lamongan
  • Campursari
  • Jaran jenggo
  • Tongklek

MERIAH: Pawai Budaya dalam kemeriyaan Hari Jadi Lamongan ke-455 (Laela A. Dewanti)

Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi Lamongan, Sugeng Widodo, mengatakan kirab pataka dan pawai budaya dimulai dari gedung DPRD Lamongan dan berakhir di Pendopo Kokatantra, "Hiburan ini terbuka untuk masyarakat umum, semua warga bisa menikmatinya," ujarnya.

Dilanjutkan juga dengan acara Pasamuan Agung yang berlokasi di Alun-alun Lamongan pada pukul 08.00-selesai. Dilanjutkan dengan puncak acara hiburan rakyat berupa, campursari dan tari gajah mada. Dengan bintang tamu sinden terkenal dari Kediri, Niken Salindri.

ANTUSIASME: Warga Lamongan menghadiri pesta rakyat dengan bintang tamu Niken Salindri dalam acara HJL  ke-455 (Sumber foto: Ig @lamongantourism)

Selain itu, terdapat pula UMKM-UMKM disekitar alun-alun, yang menampilkan beberapa produk unggulan, seperti makanan, minuman, dan kerajinan. UMKM-UMKM yang hadir pada acara ini mendapatkan sambutan hangat dari masyrakat yang datang berkunjung.

Sementara itu (25/5), Bupati Lamongan Yuhronur Efendi bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dan kepala Organisai Perangkat Daerah (OPD) mengadakan ziarah ke makam para pendahulu Lamongan. Mereka mengunjungi makam Mbah Lamong, Mbah Punuk, dan Mbak Sabilan yang terletak di kelurahan Tumenggungan.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline