Efisiensi sepertinya menjadi salah satu hal utama yang diharapkan dari era digital nan canggih seperti sekarang ini. Tak salah memang, mengingat perkembangan zaman nyatanya menuntut mobilitas yang tinggi. Pun ditambah ketidakpastian waktu sebagai akibat yang ditimbulkan oleh sejumah faktor seperti kemacetan dan lain-lain, membuat orang-orang pada akhirnya bergantung terhadap kecanggihan era digital atas nama efisiensi tersebut, baik dari segi waktu, tenaga, dan biaya, dalam melakukan berbagai aktivitas kehidupan.
Hal ini utamanya terjadi di sektor yang berhubungan dengan kegiatan komersial. Sebagaimana kita ketahui saat ini banyak sekali bermunculan situs-situs e-commerce.Tak bisa dipungkiri bahwa e-commerce saat ini telah menjadi sebuah model bisnis paling efektif seiring era digital yang semakin berkembang. Tak hanya kemunculan startup-startup, kini banyak perusahaan konvensional yang melakukan modifikasi terhadap bisnis mereka dengan merambah platform e-commerce dalam memasarkan produk. Salah satunya terjadi sektor bisnis travel.
Masyarakat masa kini tentu saja juga tidak mau direpotkan dalam urusan reservasi tiket perjalanan maupun hotel. Mereka ingin bisa memesan tiket pesawat, tiket kereta, maupun tiket bus kapanpun dan dimanapun secara mudah dan cepat. Terlebih lagi bagi sebagian kalangan dengan mobilitas yang sangat tinggi yang mana terkadang mereka harus bepergian secara mendadak ke suatu kota atau bahkan ke luar negeri, penerapan model e-commerce untuk bisnis travel tentulah akan lebih efektif jika dibandingkan dengan model bisnis travel tradisional.
Setelah 'masuk' ke dalam dunia e-commerce, tantangan yang selanjutnya dihadapi tentu saja bagaimana menjadikan bisnis tersebut memilki prospek positif yang berkepanjangan, dan ketika berbicara mengenai bisnis e-commerce, maka elemen-elemen yang berkaitan dengan hal itu haruslah dikerjakan seoptimal mungkin.
Salah satu elemen yang bersifat fundamental dari sebuah bisnis e-commerce adalah user interface atau tampilan dari laman situs resmi perusahaan. Ya, sebagai 'wajah' perusahaan, tentunya tampilan laman harus dibuat dan dikembangkan sebaik mungkin. Jangan lupa juga untuk memperhatikan aspek fungsional dari laman situs karena disini jugalah sebagian besar aktivitas bisnis berjalan. Dengan memiliki konsep simple and friendly website, bukan tak mungkin situs anda akan membuat para warganet termasuk customer anda merasa 'betah' ketika mengunjungi laman situs perusahaan anda yang mana tentunya baik sekali untuk meningkatkan traffic.
via.com sebagai pelaku bisnis travel yang menggunakan model bisnis e-commerce tentunya sadar akan hal ini sehingga kami berkomitmen untuk menghadirkan user interface yang 'bersahabat' untuk anda para mitra agen kami. Adalah single window,sebuah konsep dimana semua produk travel dan fitur yang kami miliki bisa anda, para mitra agen, temui dalam satu laman saja sehingga proses resevasi dan transaksi penjualan produk travel dapat berlangsung dengan cepat. Lantas, apa saja yang bisa anda temui di laman single window dari situs Via Indonesia?
Reservasi dan penjualan produk via.com
Sistem single window via.com sudah dibuat dan dikembangkan sedemikian rupa sehingga aktivitas reservasi dan transaksi mulai dari melihat daftar maskapai penerbangan berikut rute yang dituju, informasi terkait bagasi, rincian penerbangan, rincian harga, aturan harga, refundhingga informasi tiket kereta api, hotel, bahkan voucher pulsa sekalipun dapat dilihat dalam satu laman sehingga anda tidak akan direpotkan dengan banyaknya 'tab' pada layar desktop, laptop, maupun smartphone anda yang tentunya sangat tidak efisien.
Akses fitur khusus mitra agen via.com
Fitur-fitur mulai dari top up saldo instant 24 jam, markup harga, informasi harga NTA, kirim informasi harga melalui SMS, dan opsi cek status pemesanan juga bisa anda lihat di satu halaman yang sama. Sebagai contoh, saat anda ingin melakukan markup harga untuk tiket pesawat Air Asia rute Jakarta -- Denpasar maka begitu anda klik opsi 'ubah markup', fitur ini akan langsung muncul di laman tersebut, bukan otomatis membuka tab baru.
Efisiensi dari konsep single window pada user interface via.com pun sudah diakui oleh para mitra agen kami. Dari hasil survey yang dilakukan pihak Via Indonesia baru-baru ini terkait layanan via.com, sebanyak 62,6% dari 222 responden mengungkapkan alasan ingin bertransaksi di via.com karena sistem pemesanan dan user interface yang baik.