Lihat ke Halaman Asli

Labibah Azzahra

MAHASISWA/TADRIS IPS/FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN/UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU

Ilmu Filsafat Pendidikan dalam Era Globalisasi Saat Ini

Diperbarui: 26 November 2022   15:32

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Kita sering mengatakan, betapa sangat pentingnya filsafat sebagai ilmu dan filsafat terapan termasuk filsafat agama, filsafat Pancasila, dan filsafat pendidikan. Namun, sangatlah sukar untuk memberikan definisi konkret apalagi abstrak terhadap filsafat-filsafat tersebut. Kata filsafat berkaitan dengan segala sesuatu yang dapat di pikirkan oleh manusia, bahkan tidak akan pernah ada habisnya karena mengandung 2 kemungkinan, yaitu proses berfikir dan hasil berfikir.

Di era globalisasi saat ini, para siswa jarang memperhatikan bahwa filsafat pendidikan itu sangat penting bagi mereka yang sedang dalam masa tempuh pendidikan. Filsafat dalam arti pertama adalah jalan yang di tempuh untuk memecahkan masalah. Maksudnya disini ialah, bahwa setiap siswa itu dalam kehidupannya tidak pernah sepi dan terus melekat dengan masalah, baik itu peran siswa sebagai individu dalam keluarga, masyarakat, dan Negara maupun dalam masalah ekonomi, politik, social, pendidikan, dan lain sebagainya. Selain itu, filsafat ini mempunyai konotasi dalam segala hal yang ada dalam kehidupan siswa sifatnya teoritis, transendal, abstrak, dan lain sebagainya.

Sesuai dengan perkembangan akal pikiran pada siswa yang akan mengalami masa pertumbuhan, perkembangan, dan perubahan, maka filsafat ini juga mengalami hal yang sama pada konotasi yang sudah menguasai kehidupan siswa sehingga mempengaruhi filsafat hidup bangsa menjadi norma Negara. Kehidupan bangsa dan Negara dengan segala aspek kehidupannya berdasarkan asas filosofis(nasionalisme, sosialisme, liberalism, komunisme, dan lain sebagainya). Hampir di katakana bahwa, filsafat sebagai filsafat Negara dalam pembentukan dan pembinaan siswanya menjadi warga Negara yang baik.

             Para siswa dapat mengaplikasikan filsafat pendidikan di era gempurnya globalisasi ini melalui, yaitu :

  • Siswa dapat menjadikan filsafat pendidikan ini sebagai metode berpikir
  • Filsafat pendidikan bisa menjadi acuan terhadap dunia dan hidup siswa dalam era bergejolaknya globalisasi saat ini
  • Siswa bisa menjadikan filsafat pendidikan menjadi sebuah penyelesaian kumpulan problem yang ada dalam lingkungan sekolah dan kehidupannya.
  • Filsafat pendidikan ini juga berperan dalam system pemikiran siswa dalam memecahkan sebuah masalah yang harus melalui proses berfikir siswa dan di lihat dari hasil pemikirannya.



BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline