Lihat ke Halaman Asli

Labibah Azzahra

MAHASISWA/TADRIS IPS/FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN/UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU

Perkembangan Kelebihan dan Kelemahan Koperasi Indonesia sehingga Makin ke Sini Peminat Koperasi Makin Berkurang

Diperbarui: 3 November 2022   09:36

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

" PERKEMBANGAN KELEBIHAN DAN KELEMAHAN KOPERASI INDONESIA SEHINGGA MAKIN KESINI PEMINAT KOPERASI MAKIN BERKURANG "

Hallo sahabat pena, kali ini kita bakalan sedikit curhat ni tentang bagaimana sih perkembangan koperasi di zaman yang serba canggih ini. Aku mau nanya ni, gimana menurut sahabat pena soal problem koperasi yang makin hari makin menurun angka peminatnya, mana menurut sahabat pena yang lebih efektif kalau kita melakukan transaksi simpan pinjam di koperasi or di bank?
Kalau menurut aku ni ya, sebenarnya ada plus minusnya juga lo sahabat pena kalau kita melakukan transaksi di koperasi or bank. Ni ya aku jelasin sedikit terkait kelebihan dan kekurangan transaksi yang ada pada koperasi dan bank, yaitu :
1. Koperasi
 - Adapun kelebihan kita melakukan transaksi di koperasi, yaitu :
* Koperasi itu lebih mengutamakan kepentingan para anggotanya terlebih dahulu di banding kepentingan pribadi. Mengapa? bahwa koperasi ini adalah sebuah badan usaha berbasis orang/manusia, bukan modal/benda. Karena, kalau tidak ada anggota tentu koperasi ini tidak bisa berjalan dan beroperasi secara lancar.
* Dalam koperasi, anggota itu berperan sebagai produsen sekaligus konsumen. Partisipasi ganda anggota koperasi sangat diharapkan untuk menjalankan aktivitasnya. Anggota diimbau untuk rutin melakukan transaksi kredit dan turut aktif dalam penyimpanan dana.
* Koperasi ini lebih bersifat sukarela dan terbuka. Orang yang memutuskan untuk menjadi anggota koperasi harus bergabung atas kemauan sendiri, tanpa adanya paksaan dari pihak manapun itu. Tujuan bergabung di koperasi ini juga bisa untuk memperbaiki taraf hidup lho sahabat pena. Koperasi juga merupakan badan usaha yang terbuka bagi siapa saja yang ingin bergabung, siapa aja boleh masuk kok asalkan tidak  ikut-ikutan.
* Prinsip pengelolaan koperasi ini untuk menumpuk laba dan bertujuan untuk kepentingan anggotanya bukan untuk kepentingan pribadi ya sahabat penaku. Yang dimaksud ini adalah, bahwa shu/laba koperasi nantinya akan dibagikan kepada para anggotanya secara adil dan merata.
* Koperasi adalah sebuah badan usaha yang sesuai dengan prinsip dan sikap bangsa Indonesia.
* Koperasi menerapkan ekonomi kepada masyarakat rendah.
* Dalam koperasi itu, setiap anggota memiliki suara yang sama sesuai kesepakatan bersama.
* Koperasi sangat memudahkan anggotanya lho sahabat pena untuk mendapatkan modal usaha, asalkan usaha yang mau di ajukan itu jelas ya sahabat pena.
* Besaran simpanan wajib dan simpanan pokok cenderung tidak memberatkan bagi anggotanya. Koperasi itu harus nyesuaiin dengan kemampuan finansial masing-masing anggota.
* Koperasi bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan anggota, bukan tempat untuk mencari keuntungan sendiri ya sahabat pena.

 - Adapun kelemahan kita melakukan transaksi di koperasi, yaitu :
* Kesadaran berkoperasi para anggota masih lemah. Kelemahan besar koperasi adalah bahwa tidak semua anggotanya memiliki kesadaran yang penuh dan sama dalam menjalankan prinsip-prinsip dan kegiatan berkoperasi dengan baik. Contoh, anggota tidak rutin menyetorkan iuran wajib.
* Koperasi memiliki daya saing yang lemah. Umum diketahui bahwa jika dibandingkan dengan badan usaha lainnya, daya saing koperasi masih jauh tertinggal.
Modal koperasi terbatas dan ada kendala dalam mendapatkan modal. Sebuah koperasi yang baru cenderung cenderung memiliki modal yang terbatas dan biasanya untuk mendapatkan modal yang besar.
* Koperasi kekurangan tenaga profesional dalam pengelolaannya. Dalam koperasi, SDM yang tersedia kadang kurang kompeten untuk dapat mengurus dan mengelolanya dengan baik dan tertib. Hal ini sering mengakibatkan Kerjasama yang buruk antara pengurus, pengelola, pengawas, dan anggota. Hal ini adalah salah satu faktor penghambat kemajuan koperasi.
* Terdapat konflik kepentingan di koperasi. Dalam setiap perkumpulan atau organisasi, pasti ada kepentingan antara masing-masing anggotanya. Begitu pula yang terjadi di koperasi.

Nah, sudah jelaskan sahabat pena apa aja kelebihan dan kelemahan dari koperasi ini, sehingga para peminatnya itu kurang tertarik untuk melakukan transaksi di koperasi tersebut.

2. Bank
Selanjutnya, kita juga bakalan bincang-bincang soal kelebihan dan kelemahan dari transaksi bank.
 - Kelebihan transaksi di bank, yaitu :
* Keuntungan Bunga dan Bagi Hasil
Meskipun suku bunga bukan menjadi sumber utama bagi sebagian besar nasabah, tapi tetap saja bunga memberi dampak terhadap dana yang ditabungkan. Memang keuntungan yang didapat dari bunga tidaklah seberapa. Namun, kalau sahabat pena menabung dalam jangka waktu yang lama dan dana yang ditabung dari waktu ke waktu makin besar, bunga tabungan akan memberi keuntungan yang signifikan.
Masyarakat yang ingin bertransaksi di bank syariah, termasuk dalam menabung juga tak perlu bingung lagi. Sebab beberapa bank kini membangun bank syariah. Dalam memberikan untung, bank syariah menerapkan juga sistem bagi hasil, menggantikan sistem bunga. Sistem dijalankan sesuai dengan aturan syariah yang berlaku.
* Keamanan ini salah satu faktor penting dalam menabung di bank. Bank memiliki sistem keamanan berlapis, baik yang bersifat fisik maupun nonfisik. Nah kalau secara nonfisik, dalam menjamin keamanan uang, bank bekerja sama dengan Lembaga Penjamin Simpanan (LPS). Ketika terjadi masalah yang berdampak buruk pada bank, uang nasabah tetap bisa diambil karena dijamin LPS.
* Kebebasan dalam bertransaksi
dengan semua bank menawarkan fitur-fitur yang sangat lengkap bagi nasabah. Selain bisa nyimpan uang, sahabat pena memiliki kesempatan untuk melakukan transaksi finansial. Fitur transaksi tersebut biasanya mencakup berbagai hal, seperti transaksi transfer dan penarikan uang melalui ATM, SMS Banking, ataupun internet banking. Keberadaan fitur-fitur tersebut memberi kemudahan bagi nasabah untuk melakukan transaksi selama 24 jam. Nasabah pun menjadi bebas dalam melakukan transaksi.
* Lebih praktis dan simpel
menabung di bank lebih praktis dan simpel. Sahabat pena cukup merencanakan keuangan dengan melihat rincian-rincian dalam buku tabungan yang diberikan bank. Dengan kata lain, buku tabungan boleh dibilang sebagai laporan keuanganmu. Lewat buku tabungan, para sahabat pena dapat mengetahui jumlah uang yang masuk dan keluar. Fasilitas setor tunai yang terdapat pada mesin ATM menjadikan transaksi keuangan lebih praktis. Sahabat pena pun tidak perlu repot-repot ke bank hanya untuk melakukan penyetoran.

 - Kelemahan transaksi di bank, yaitu :
*Tidak gratis itu pada dasarnya, menabung uang di bank sama saja dengan menitipkan uang pada bank sebagai lembaga yang dipercaya. Tentu saja menabung di bank pada umumnya tidaklah gratis. Kamu mesti membayar biaya administrasi setiap bulan yang langsung dipotong dari dana yang sahabat pena tabung bank.
* Tabungan sulit berkembang berbeda dengan investasi, ketika menabung di bank, uang sahabat pena tidak langsung bertambah begitu saja lho sahabat pena karena bunga atau bagi hasil. Keuntungan yang sahabat pena dapatkan tidaklah seberapa setiap bulannya. Bisa saja uang bunga tabungan benar-benar memberikan keuntungan yang sahabat pena harapkan. Tapi, sahabat pena  harus menabungkan uang dalam jumlah besar, misalnya Rp700 juta.
* Bunga Kecil belum ada satu pun bank yang memberikan bunga tinggi pada tabungan. Rata-rata bunga tabungan biasa sekitar 1%. Keuntungan yang didapat dengan bunga rata-rata tersebut tentulah tidak begitu terasa. Karena itu, kurang tepat kiranya menabung di bank untuk mendapatkan imbal balik yang tinggi.
Jika menginginkan imbal balik yang tinggi, sahabat pena bisa menempatkan dana di saham atau obligasi. Namun, risiko yang ditanggung juga tinggi bila nantinya gagal memberikan untung. Selain dua pilihan investasi tersebut, ada pilihan yang aman dengan bunga yang lumayan. Tabungan berjangka memiliki bunga lebih tinggi dari bunga tabungan biasa yang bisa mencapai 7%. Soal keamanan, apabila terjadi masalah, dana kamu tetap dikembalikan dengan jaminan dari LPS.
* Adanya limit transaksi meskipun para sahabat pena bebas melakukan transaksi, ternyata ada limit yang diberlakukan bank. Misalnya, adanya saldo minimum yang harus tersedia di rekening sehingga sahabat pena tidak bisa menarik dana seluruhnya. Atau limit penarikan tunai di ATM maksimal Rp5 juta untuk satu hari.
* Menabung di bank tetaplah lebih baik ketimbang menyimpan uang dalam jumlah banyak di rumah. Cukup membayar biaya administrasi, dana kamu dijamin keamanannya. Sekalipun krisis melanda, dana tetap kembali ke tanganmu. Coba bayangkan kalau dana milik sahabat pena disimpan di rumah. Jika rumah kebakaran, sudah pasti uang yang disimpan akan lenyap bersama hangusnya rumahmu. Atau bagaimana jika terjadi banjir? Uang yang kamu simpan bisa-bisa terendam basah kemudian hancur atau terbawa arus banjir. Karena itu, segeralah simpan dana milikmu di bank agar terhindar dari hal-hal buruk yang tak diinginkan.

Pantas saja lho sahabat pena, masyarakat lebih suka bertransaksi di bank dibanding koperasi, apalagi sistem transaksi di bank ini lebih modern daripada koperasi, contohnya saja bank kita bisa bertransaksi (simpan pinjam, investasi, tarik tunai or non tunai, dan setor tunai or non tunai) bisa melalui aplikasi yang sudah di sediakan oleh pihak bank. Pada umumnya, semua bank sekarang sudah menyediakan berbagai fitur khusus agar memudahkan para nasabahnya dalam bertransaksi dimana saja dan kapan saja.

Nah, berbeda dengan koperasi. Alasan masyarakat kurang meminati bertransaksi di koperasi karena koperasi ini tidak mempunyai daya tarik dalam transaksi, seperti koperasi ini tidak punya fitur untuk menarik daya minat masyarakat agar bisa melakukan transaksi di koperasi tersebut




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline