Tujuan Pembelajaran Khusus: CGP mampu mengidentifikasi pengetahuan, pengalaman, dan keterampilan dirinya terkait coaching di konteks pendidikan
Bapak/Ibu Calon Guru Penggerak,
Selamat datang di modul coaching untuk supervisi akademik. Untuk memulai pembelajaran pada modul ini, mari kita mulai dari diri Anda. Sebagai seorang guru, Anda adalah seorang pemimpin pembelajaran. Dalam perjalanan Anda sebagai seorang guru, tentunya Anda pernah mendapatkan pengalaman terkait dengan supervisi akademik sebagai salah satu cara pengembangan kompetensi diri Anda.
Pada sesi mulai dari dari diri ini, Anda akan menjawab pertanyaan-pertanyaan reflektif terkait supervisi akademik dan pengembangan kompetensi diri. Jawaban yang Anda berikan tidak akan dinilai, melainkan sebagai pijakan bagi fasilitator untuk mengembangkan pembelajaran dalam modul ini.
Pertanyaan-pertanyaan reflektif sesi mulai dari diri:
- Selama menjadi guru, tentunya pembelajaran Anda pernah diobservasi atau disupervisi oleh kepala sekolah Anda. Bagaimana perasaan Anda ketika diobservasi? Perasaan saya ketika di observasi oleh kepala sekolah, pengawas atau lebaga lainnya perasaan saya hawatir, gelisah, was-was dan takut di marahai ketika melakukan kesalahan atau hasil pekerjaan saya tidak sesuai ekspetasi. di lain sisi juga, saya merasa senang, sebab melalui observasi menjadi bahan evaluasi masukan kepada saya untuk menjadi lebih baik lagi kedepannya.
- Ceritakan pengalaman Anda saat observasi dan pasca kegiatan observasi tersebut. Merasa senang di saat saya di obsevasi olek atasan ( Kepala Sekolah ) sebab dengan di observasi saya bisa mengetahui kekurangan dan kesiapan saya dalam mengelolaan kesiapan pembelajaran sampai selesai. ada masukan, kritikan, penguatan verba yang di tunjukkan atasan kepada saya.
- Menurut Anda, bagaimanakah proses supervisi akademik yang ideal yang dapat membantu diri Anda berkembang sebagai seorang pendidik? Menurut saya proses supervisi akademik yang ideal yang dapat membantu diri berkembang sebagai seorang pendidik di antaranya :
- Dilakukan secara teratur dan terjadwal.
- Dilakukan dengan tujuan yang jelas.
- Memberikan contoh dalam melaksanakan pembelajaran dengan baik.
- Mengutamakan umpan balik yang konstruktif dan positif.
- Bersifat objektif, terbuka, transparan, dan professional.
- Merefleksi kelebihan dan kelemahan guru kemudian memberi support, menstimulasi guru sehingga dapat meningkatkan kompetensinya.
- Menciptakan suasana menyenangkan pada saat dan pasca supervisi.
- Mengidentifikasi letak keberhasilan dan kekurangan guru dalam pelaksanaan proses belajar mengajar untuk mengarah pada perbaikan berikutnya.
- Menghargai pendapat guru/bawahannya.
- Menurut Anda, jika Anda saat ini menjadi seorang kepala sekolah yang perlu melakukan supervisi, dimana posisi Anda sehubungan dengan gambaran ideal di atas dari skala 1 s/d 10? Situasi belum ideal 1 dan situasi ideal 10.
Jika saat ini saya menjadi seorang kepala sekolah yang perlu melakukan supervisi, posisi saya sehubungan dengan gambaran ideal maka saya berada pada posisi di angka 8, karena saya telah mengabdi menjadi guru selama 8 Tahun, sehingga tahu persis proses awal sampai selesai kemudian menjadi kepala sekolah 4 tahun sehingga sudah memiliki sedikit pengalaman terkait kegiatan supervise. Namun saya juga masih sangat membutuhkan dan memerlukan bimbingan dan arahan agar dapat meningkatkan pengalaman saya ke arah lebih baik.
- Aspek apa saja yang Anda butuhkan untuk dapat mencapai situasi ideal itu?
Membekali diri dengan pengetahuan tentang supervisi akademik,terutama di materi 2.3 CGP Angkatan 9, kemudian membangun, menjalin komunikasi yang efektif, dengan belajar melalui berbagai sumber, teman guru yang lebih berpengalaman, sehingga memahami dan mendalami aspek-aspek yang di perlukan dalam melakukan supervisi.
Setelah Anda menjawab pertanyaan-pertanyaan reflektif, tuliskan harapan Anda terkait modul ini :
- Apa saja harapan yang ingin Anda lihat pada diri Anda sebagai seorang pendidik setelah mempelajari modul ini?
Kegiatan yang saya harapkan dalam ada dalam modul ini adalah praktik kolaborasi coaching supervisi akademik melalaui Alur TIRTA dapat saya pahami dengan baik sehingga dapat saya implementasikan ke unit kerja saya ( Rekan Sejawat dan siswa).
2. Apa saja kegiatan, materi, manfaat yang Anda harapkan ada dalam modul ini?
Manfaat yang saya harapkan mampu menjadi Supervisor akademik dalam paradigma berpikir coaching memberikan sebuah dimensi pertumbuhan dan pengembangan bagi diri nantinya dan bisa menjadi coach untuk rekan sejawat dan murid
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H