Lihat ke Halaman Asli

La AlmahdiLa

La Almahdi La Boane usia 21 tahun

Kegiatan Belajar dan Mengaji Anak-Anak Desa Ampeldento bersama Mahasiswa Kelompok 87 PMM UMM

Diperbarui: 7 Agustus 2021   20:42

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dok. Pribadi

Peserta Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) gelombang 11 kelompok 87 yang dianggotai oleh La Almahdi La Boane sebagai koordinator, dan rekan-rekan lainnya yaitu Naftalia Rofiliana Devanti, Nur Atiqatul Himmah, Annisa Khalifatul Husna, dan Arif Rahmatullah mengadakan kegiatan belajar mengajar di Desa Ampeldento, Kecamatan Karangploso, Kabupaten Malang.

Tujuan dari kegiatan belajar mengajar yaitu untuk meningkatkan pemahaman mengenai mata pelajaran yang telah disampiakan sebelumnya di sekolah masing-masing secara daring. Kegiatan tersebut juga didukung oleh pengurus desa setempat. "Kegiatan belajar mengajar seperti ini sangat baik sekali, mengingat kurangnya pelajaran yang didapat oleh anak-anak karena terkendala sekolah online. Kegiatan ini juga mengurangi anak-anak untuk berkeliaran di luar rumah mengingat kondisi PPKM saat ini.", ujar Aminah selaku Bu RT di desa tersebut.

Dok. Pribadi

Kegiatan belajar mengajar dilaksanakan selama  4 hari, mulai dari tanggal 03 Agustus sampai dengan 06 Agustus, yang dilaksanakan setiap pukul 15.30 -- 16.30 WIB dengan target peserta berjumlah 15 orang yang terdiri dari anak TK dan SD.

 

Dok. Pribadi

Pada hari pertama dan kedua, kegiatan belajar mengajar dimulai dengan pembacaan surah pendek Al-Qur'an yang kemudian melakukan pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dan membantu dalam pengerjaan tugas harian atau pekerjaan rumah (PR). Sedangkan pada hari ketiga dan keempat, kegiatan belajar juga dimulai dengan pembacaan surah pendek Al-Qur'an kemudian dilanjutkan dengan kegiatan mewarnai bagi peserta yang masih TK, dan pembelajaran Matematika bagi peserta SD.

Dok. Pribadi

Selama proses kegiatan belajar mengajar berlangsung, nampak  sekali semangat dan antusiasme dari peserta. Hal ini ditunjukkan dengan jumlah kehadiran peserta yang sesuai target, yaitu 15 orang anak dari awal dimulainya acara sampai dengan akhir acara selesai.  Selain itu, peserta juga nampak senang mengikuti kegiatan tersebut. Pasalnya kegiatan belajar mengajar tersebut dilakukan dengan santai namun serius sehingga peserta tidak merasa tegang dan bosan.

Dok. Pribadi




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline