Lihat ke Halaman Asli

Masih Buang Sampah di Jalan?

Diperbarui: 17 Juni 2015   16:51

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Hobi. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Rawpixel

Sampah.

Bagi semua orang, saya bicara orang Jakarta, sampah hanya dianggap sebagai gangguan. Ya, sampah memang menganggu tapi bukan berarti Anda bisa seenaknya membuang sampah sembarangan kan?

Dalam suatu perjalanan pulang di daerah Mangga Dua Raya tadi siang, mobil antri menunggu lampu merah. Di depan sebuah mal, saya melihat mobil di depan membuang kertas bungkus permen dan tisu dari ruang kemudinya. Koq enak sekali? Sayang kejadian buang sampah tersebut tidak terekam kamera karena sewaktu empunya mobil buka jendela, saya pikir akan membetulkan kaca spion. Ternyata.... Dengan mobil sebagus itu, apa tidak bawa kantong plastik? Anda tahu musim hujan sudah tiba, masih buang sampah ke jalan?

Saya selalu berpikir kenapa mental orang Jakarta susah sekali untuk diubah. Kita sedang menjalankan revolusi mental dengan hadirnya Presiden dan Gubernur Jakarta baru. Mental Anda sebaiknya segera diubah. Biasakan membawa kantong plastik dalam kendaraan. Atau berapa  lama perjalanan Anda untuk sampai tempat tujuan dan menemukan tempat sampah? Tidak sampai harus mengelilingi Bumi kan?

Dukung gerakan pungut sampah dari Bersih Nyok. Atau Anda bisa bergabung dengan mereka untuk belajar bagaimana memungut sampah. Jangan berlindung dibalik kendaraan Anda yang mewah. Satu sampah Anda bisa merepotkan banyak orang. Tingkatkan kesadaran Anda bukan keegoisan semata yang ditingkatkan.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline