Lihat ke Halaman Asli

Mahasiswa KKN-TI IPB University Melaksanakan Kegiatan Diversifikasi Produk Hasil Laut

Diperbarui: 17 Juli 2023   09:02

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber : Dokumentasi  Pribadi

Desa Singaraja merupakan desa yang berada di Kabupaten Indramayu, Jawa Barat. Desa Singaraja memiliki banyak potensi di bidang perikanan. Sayangnya, hasil perikanan yang melimpah belum selaras dengan kemampuan masyarakat dalam mengolah hasil perikanan yang ada. Merespon permasalahan tersebut kelompok KKN-TI Kabupaten Indramayu 03 mengadakan demo pembuatan dimsum berbahan baku udang yang merupakan bagian dari rangkaian program kerja kelompok KKN-TI Kabupaten Indramayu 03 (15/7/2023).

Sumber : Dokumentasi  Pribadi

Pembuatan dimsum merupakan wujud dari diversifikasi produk hasil perikanan namun tetap memperhatikan mutu dan gizi sebagai strategi untuk meningkatkan peluang dalam berbisnis.  Diversifikasi produk ini dapat merubah sumber daya yang bernilai rendah menjadi sesuatu yang bernilai tinggi serta meningkatkan konsumsi produk perikanan dalam segi kualitas dan kuantitas. Diversifikasi berpeluang dalam peningkatan sumber daya manusia, peningkatan perekonomian masyarakat, dan peningkatan kesempatan kerja.

Kegiatan ini dihadiri oleh Ibu Suaebah selaku Ibu Kuwu Desa Singaraja dan ibu-ibu Desa Singaraja Blok Langgen sebagai peserta. Menurut peserta kegiatan, pembuatan dimsum ini sangat mudah dilakukan serta membutuhkan alat dan bahan yang mudah didapatkan. Pembuatan dimsum ini juga tidak membutuhkan waktu yang lama.

Sumber : Dokumentasi Pribadi

“Kegiatan ini sangat bagus dan mampu menciptakan produk berkelas dari hasil perikanan, Saya berharap ibu-ibu dapat menerapkan dan mengembangkan produk dimsum ini agar dapat meningkatkan perekonomian skala rumah tangga di Desa Singaraja” ungkap Ibu Suaebah selaku Kuwu Desa Singaraja




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline