Lihat ke Halaman Asli

Alfredo Kway

Berusaha berbuat yang terbaik Untuk Tanahku Papua

Mencerdaskan Anak Bangsa, Tugas Siapa?

Diperbarui: 4 Juni 2021   05:22

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilustrasi: Pendidikan Anak Papua (Foto: swa.co.id)

Mencerdaskan kehidupan bangsa adalah modal dasar pembangunan, para pendiri bangsa sudah membuat kata-kata tersebut seperti dalam pembukaan UUD 1945 tentunya sungguh luar biasa.

Selain itu mencerdaskan kehidupan bangsa juga disampaikan pada Pasal 31 Ayat 3 UUD 1945 yang menyatakan pemerintah mengusahakan dan menyelenggarakan satu sistem pendidikan nasional, yang meningkatkan keimanan dan ketakwaan serta ahlak mulia dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa.

Lalu kalo begitu Mencerdaskan Anak Bangsa dari Sabang hingga Merauke, dari Pelosok hingga Ujung Kota ini menjadi Tugas Siapa ?... Tentunya bagi saya adalah Tugas semua, tugas bersama sesama anak Bangsa untuk Bersatu dan Bersama memajukan generasi Masa Depan Bangsa.

Baca juga : Upaya Meningkatkan Minat Baca sebagai Sarana untuk Mencerdaskan Anak Bangsa di Masa Pandemi Covid-19

Fungsi dari pendidkan adalah untuk membina manusia yang berakal, berilmu dan bermoral luhur, selain itu juga bertujuan untuk membawa ke arah masa depan yang lebih baik. 

Setiap warga negara berhak mendapatkan apa itu Pendidikan. Karena menjadi generasi terdidik juga merupakan keharusan bagi semua warga Negara.

Tugas mencerdaskan Anak Bangsa akan tercapai jika semuanya bergandengan tangan saling mengerti bahwa Pendidikan itu penting, Sumber Daya Manusia itu lebih penting dari segalanya.

Jika semua sadar akan pentingnya pendidikan, maka kita akan mampu bersama untuk mencerdaskan bangsa.

Baca juga : Literasi Perguruan Tinggi, Mencerdaskan Anak Bangsa

Memajukan pembangunan bangsa ini harus dimulai dengan kesadaran akan pentingnya pendidikan yang profesional. Saling menyadari bahwa pentingnya Ilmu Pengetahuan akan membawa dampak positif bagi kemajuan sebuah bangsa dan Negara.

Usaha untuk mencerdaskan bangsa ini tidak akan berhasil kalau semua tidak bersatu dan saling membantu antara satu sama lain, harus ada kesadaran yang tinggi agar yang Terdidik bisa memberikan Ilmu kepada yang belum Terdidik, semua harus  tidak memiliki keikhlasan dan idealisme dalam mengabdi, kita semua mempunyai tanggung jawab untuk mampu mencerdaskan Bangsa.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline