Lihat ke Halaman Asli

Kusworo

Penjelajah Bumi Allah Azza wa Jalla Yang Maha Luas Dan Indah

Cerita Sang Komedian Berdialog dengan Jin

Diperbarui: 2 Maret 2023   14:53

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sang Komedian Berdialog Dengan Jin | Pribadi

"Om Iwa melihat sosok besar di pojok kamar. Sementara dipojok lain dua sosok hitam juga terlihat saling berdempetan dekat kursi memandangi Om Iwa dan istrinya yang sedang tidur. Ada satu lagi sosok hitam bertubuh gembul, tambum dengan tubuhnya yang pendek, bersander  dekat pintu kamar mandi.

Om Iwa yang sudah terbiasa melihat makhluk gaib itu hanya tenang saja. Lalu ia mulai duduk di pinggir kasur. Lalu terlihat mulutnya membaca sesuatu. Seakan berdialog dengan Sosok tinggi besar di pojok kamar".


Kami memanggilnya Om Iwa. Perawakan tubuhnya langsing. Tinggi sekitar 170 Cm. Berat badan 65 kg. Tak berkumis. Berambut lurus yang dipotong tipis, pendek dan rapih. Rambutnya sudah banyak putih dibanding hitamnya. Maklum cucunya sudah lumayan banyak. Walau sudah Opa tapi ia lebih senang dipanggil Om. Biar kelihatan tetap muda, katanya.

Di group tour kami, Beliau termasuk senior. Dalam arti; usianya cukup matang ranum -- istilahnya mateng pohon kalau buah; termasuk yang sering ikut jalan keliling dunia bersama group; dan sudah pensiun tapi buka usaha dengan penghasilan yang sangat baik.

Hobby nya pada dunia otomotif jangan ditanya. Sejak muda senangnya sama mobil dan motor. Dan terus berlanjut hingga sekarang. Koleksinya memang tidak sama dengan showroom. Tapi dua garasi besar di dua rumahnya terisi penuh dengan mobil dan motor demenannya.

Kalau jalan tour keliling dunia, Om Iwa selalu ditemani istrinya yang cantik dan setia. Tante Yem. Orangnya lemah lembut. Baik hati dan tidak sombong.  Semua sifat itu yang membuat Om Iwa nggak sampai hati meninggalkan istrinya sendiri di rumah. Om Iwa cinta mati sama tante Yem.

Kehadirannya dalam group tour selalu dinanti. Karena Om Iwa sejatinya memang seorang komedian. Walau belum sempat ikut Stand Up Comedy. Tapi... kalau sudah cerita di bus. Saat jalan-jalan tour. Kalau sekedar Sule,...Andre..., Radit,..., hingga Mongol..., mungkin level kelucuan dan "ngocol" nya beda tipis. Sayang saja Om Iwa bukan seorang entertainer di stasiun TV Swasta. Beliau businessmen yang komedian. Yang hanya dikenal dikalangannya.

Kalau di rumahnya. Om Iwa "jaim" (jaga Image) dengan anak cucu nya. Selalu serius. Jarang bercanda. Apalagi "ngebanyol" (membuat kelucuan dengan cerita-penulis). Kalau lagi marah. Nggak ada anak dan cucunya yang  berani bantah. Termasuk Tante Yem. Pokoknya "jaim abis".

Dua karakter yang dijaga benar sama Om Iwa. Agar performnya di keluarga tetap berwibawa. Namun jadi orang yang disuka saat bertemu dengan kawan-kawan dalam perjalanan tournya. Dan ia berhasil melakukannya.

Di luar karakter komediannya. Om Iwa bercerita bahwa beliau punya kemampuan indra penglihatan di luar manusia pada umumnya. Ia bisa merasakan dan melihat kehadiran makhluk gaib di sekitarnya. Entah ceritanya benar atau hanya sekedar keisengannya dengan sifat komedi. Tak ada orang yang tahu.

Dalam sebuah perjalanan group tour. Seperti kebiasaanya Om Iwa menjadi salah satu peserta yang membuat semua teman-temannya tertawa dengan gaya komediannya. Ia banyak bercerita lucu yang membuat suasana dalam bus menjadi ceria.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline