Lihat ke Halaman Asli

Training Parenting Series: "Probolinggo & Komodo"

Diperbarui: 25 Juni 2015   01:47

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gadget. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

Ketika itu saya mendapat kesempatan untuk memberikan pengajian "Parenting" di hadapan jama'ah IKADI (Ikatan Da'i Indonesia) kota Probolinggo Jawa Timur atas undangan dari pengurus IKADI Probolinggo. Tema Parenting yang diangkat adalah "Kiat Mendidik Anak Cerdas & Berkarakter"

Setelah saya selesai memberikan tema tersebut, ada salah satu jama'ah se-orang Ibu yang menghampiri saya ingin menanyakan permasalahan yang dihadapi dengan anaknya. Rupanya Ibu ini jarang sekali bertemu dengan anaknya, karena ibunya bekerja, tidak seperti umumnya seorang ibu sebagai ibu rumah tangga bagi keluarganya. Bekerjanya-pun di waktu yang cukup riskan bagi seorang perempuan, yaitu sebulan sekali baru bisa pulang ke rumah dan tidak boleh membawa alat komunikasi (HP) selama bekerja. Kemudian ia meiminta saran kepada saya apa yang harus saya lakukan supaya saya tetap bisa memberikan perhatian kepada anak saya dirumah walaupun saya masih berada di luar rumah.

Saya sampaikan kepada ibu tersebut, idealnya setiap hari orang tua menyediakan waktu untuk berbicara bersama anaknya minimal 30 menit, terutama di waktu menjelang anak istirahat malam.  Saya menggunakan kata "bersama anak" artinya perhatian/pembicaraan kita selama 30 menit itu hanya fokus kepada anak, sebab banyak orang tua ketika berbicara kepada anak sambil melakukan kegiatan yang lain, itu berarti bukan bersama anak tetapi hanya dekat dengan anak. Misal yang sering kita jumpai, ketika orang tua dekat dengan anaknya sambil menyapu, sambil menyeterika, sambil memasak, sambil mencuci, dll

Aktivitas ganda tidak bisa membuat kita fokus kepada satu pekerjaan, apalagi kepada anak. Anak kita butuh perhatian khusus dari orang tuanya, anggaplah anak kita sebagai "customer" utama kita yang harus kita berikan pelayanan dengan sebaik-baiknya.

Menanggapi permaslahan yang dihadapi ibu tadi, saya memberikan tips kepada ibu tersebut jika memang ibu terpaksa tidak bisa bertemu dengan anaknya setiap hari, alternatifnya adalah meminta bantuan kepada saudara dekat ibu dan anak ibu juga dekat dengannya untuk memberikan perhatian kepada anaknya serta ibu juga menyampaikan kepada saudara dekatnya tersebut kalau ibu menyayangi anak ibu, cukup sampaikan saja bahwa ada pesan dari ibu untuk mas/mbak, pesannya "Ibu sayang sama mas / mbak"

Tips yang saya berikan kepada Ibu tadi kemudian saya tutup dengan istilah KOMODO, komodo yang dimaksud adalah bukan hewan melata..hehehe..tetapi KOmunikasi, MOtivasi dan DO'a, semoga dengan menerapkan prinsip KOMODO kepada anak anak kita, maka pribadi anak anak kita akan tumbuh menjadi pribadi yang berkarakter positif, Aamiin.

Salam,

Kusumo, Trainer Nasional "Berjuta Guru & Orang Tua" (HP.085230129264)




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline