Lihat ke Halaman Asli

MENELUSURI PESONA DOGMIT

Diperbarui: 9 Oktober 2015   19:06

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

14132017061586714503

Apa yang menarik pada DOGMIT (Diklat Online Guru Melek IT) ? Tentu saja ketika muncul sesuatu yang baru akan menjadi perhatian untuk dilihat maupun diikuti. Jika seorang guru ingin mengembangkan pengetahuan melalui e-learning, di DOGMIT ini salah satu tempatnya. Materi DOGMIT angkatan 7 ini diantaranya membuat bahan ajar 3D PageFlip for Powerpoint, membuat SchoolhouseTest, Mind Map dan yang lainnya tentunya sangat menarik bagi yang ingin memahaminya, termasuk saya…

 

Saat mengikuti DOGMIT tahap pertama, menjadi pengalaman berharga karena saya dapat merasakan bagaimana mengikuti serangkaian kegiatan tanpa tatap muka dengan deadline tugas yang harus terselesaikan, tentu saja dibutuhkan persiapan fisik dan mental juga karena kita harus menyiapkan kondisi fisik supaya tetap sehat, menyiapkan perangkat yang memadai untuk bisa online dengan baik maupun memanage waktu agar kegiatan tidak terbengkalai. Untungnya sang Fasilitator (Pak Sukani) sangat professional dan telaten.

 

Mengikuti DOGMIT ini kita akan merasakan kegiatan yang bernuansa scientific. Tanpa adanya tatap muka kita diharapkan dapat MENGAMATI tayangan video/materi yang harus dipelajari sendiri, kemudian MENANYA tentang kesulitan atau hal-hal baru lewat forum yang disediakan sesuai dengan topik/materi yang sedang dihadapi, lalu MENGGALI INFORMASI lewat modul dan sumber daya yang telah disiapkan atau sharing dalam forum sebagai bahan MENGOLAH INFORMASI bagi tugas yang harus kita selesaikan. Nah, saat mengupload tugas bukankah itu fase MENGKOMUNIKASIKAN,, apalagi kita bisa melihat hasil tugas peserta lain sebagai bahan perbandingan. Akhirnya ketika kita diminta untuk MENCIPTA akan menjadi kepuasan hati bahwa kita bisa melakukan/memberikan produk hasil kita sendiri yang bisa merupakan produk baru maupun pengembangan produk yang sudah ada.

 

Itulah yang sebaiknya bisa dilakukan oleh seorang guru di era saat ini dalam rangka mengimplementasikan kurikulum 2013, sehingga ketika sang siswa dihadapkan pada pelaksanaan Kurikulum 2013, sang guru sudah bisa merasakan karena telah melakukan kegiatan scientific terlebih dahulu. Pesona DOGMIT telah membuat saya jatuh hati.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline