Lihat ke Halaman Asli

KKN PPM Unisri, Pelatihan kepada Peserta Didik Cara Membuat Celengan dari Barang Bekas

Diperbarui: 13 Agustus 2024   15:11

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumentasi Pribadi

Jatisrono, Wonogiri - Dalam rangka Kuliah Kerja Nyata (KKN-PPM) Mahasiswa KKN Universitas Slamet Riyadi Surakarta (UNISRI) Kelompok 42. Salah satu mahasiswa KKN UNISRI sebagai yang melaksanakan program kerja yang sudah terlaksana ini yang bernama Meygan Pramesti.

Program kerja yang diadakan adalah "Pelatihan kepada peserta didik cara membuat celengan dari barang bekas" , yang mana sasaran dari program kerja ini adalah peserta didik kelas 4, SDN 2 Sumberejo, Desa Sumberejo, Kec. Jatisrono, Wonogiri yang berjumlah 25 siswa. Kegiatan pelatihan ini dilaksanakan pada hari Sabtu, 27 Juli 2024. Dalam kegiatan pelatihan ini dapat dilihat bahwa peserta didik sangat antusias dalam membuat celengan dari barang bekas ini sehingga kegiatan berjalan dengan lancar hingga selesai.

Dengan memanfaatkan berbagai macam barang bekas seperti kaleng bekas, botol plastik, hingga kertas koran, siswa diajarkan cara mengolahnya menjadi sebuah celengan yang unik dan menarik. Pelatihan ini tidak hanya mengajarkan siswa tentang keterampilan membuat kerajinan tangan, tetapi juga menanamkan nilai-nilai penting seperti daur ulang dan penghematan.

"Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi siswa. Selain melatih kreativitas, mereka juga belajar untuk menghargai barang-barang bekas dan tidak membuangnya sembarangan," ujar Meygan.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline